berita

UKMKI Untag Surabaya Adakan Seleksi Untuk Ikuti Kegiatan MTQM Ristekdikti 2019

Redaksi | Jumat, 26 April 2019 - 12:20:30 WIB | dibaca: 88 pembaca

Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohan Islam (UKMKI) Untag Surabaya adakan seleksi menuju lomba Musabahah Tilawah dan Tartil Quran Mahasiswa Nasioanal (MTQMN), dengan dua sesi acara (28 April dan 17 – 18 Mei 2019) di Masjid Baitul Fikri Untag Surabaya. Kegiatan tersebut untuk menyeleksi mahasiswa Untag Surabaya yang akan mengikuti kegiatan tahunan dari KEMENRISTEKDIKTI dengan tema ‘’MTQM sebagai Ukhuwah Islamiyah dalam membentuk Generasi Muda Qurani menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghaffur’’ di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Muhammad Ruchfi Arifian, ketua umum UKMKI periode 2019  menjelaskan bahwa UKMKI tahun ini adakan seleksi untuk mengikuti MTQM. Seleksi sesi pertama tanggal 28 April 2019 dan sesi kedua tanggal 17 – 18 Mei 2019 yaitu seleksi membaca Al-Quran dengan membaca Imam Shim riwayat Hafis dengan martabat mujawaad (juz 1 – 30) atau disebut dengan Musabaqoh Tilawatil Quran. Dan lomba tadarus Al – Quran dengan bacaan murattal (juz 1 – 30) yang disebut dengan Musabaqoh Tartill Quran.    

‘’Ini merupakan pertama kali kami adakan seleksi, tujuan ini untuk menjaring lebih banyak mahasiswa – mahasiswi Untag Surabaya untuk berpartipasi ikut lomba nantinya. Jadi kita memberi wadah kepada seluruh mahasiswa yang sekiranya mempunyai potensi dalam Musabaqoh Tilawatil Quran maupun Musabaqoh Tartill Quran,’’ papar mahasiswa Teknik Elektro saat di temui Warta17agustus, (26/04/19).

Lebih lanjut, pria yang biasa disapa Ruchfi itu menerangkan, jika peserta yang lolos dari 2 sesi akan ada tahap bimbingan lagi, yang hanya mengirimkan 2 delegasi ke Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jadi persiapan dilakukan sematang mungkin agar mahasiswa delegasi Untag Surabaya bisa juara.

‘’Alhamdulillah yang daftar sudah lumayan banyak dari target kita yaitu 30 peserta. Dari 30 ini nanti akan kita saring melalui 2 tahap tadi, dengan mengambil 6 mahasiswa saja. Setelah itu ada tahapan lagi yaitu masa pembinaan dengan menyisakan 2 orang saja. Jadi dengan persiapan yang sudah kita lakukan secara matang dalam 2 bulan ini, berharap delegasi kita sebagai orang – orang pilihan Allah yang diamanahi bisa matang saat mengikuti lomba pada bulan Juli nanti di Banda Aceh. Berusaha dengan keras dan insya allah bisa juara,’’ tutup mahasiswa asal Lumajan itu.

Reporter : MKM

Editor     : LA_unda








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)