berita

Untag Surabaya Adakan Pelatihan Khusus Pentingnya Personal Branding Seorang Dosen

Ma`arif | Senin, 23 September 2019 - 11:30:59 WIB | dibaca: 4750 pembaca

Counseling and Career Center (CLCC) Pusat Layanan Psikologi (PLP) Untag Surabaya selenggarakan pelatihan mengenai bimbingan karir dan personal branding kepada seluruh dosen dan pegawai Untag Surabaya. Kegiatan yang bertemakan ‘’Training of Trainer Konseling Karir and Personal Branding‘’ itu terlaksana di Gedung Q lantai 2 Untag Surabaya dengan mendatangkan narasumber ahli dibidangnya, (17/09/19).

Dr. IGAA Noviekayati, M.Si, Psikolog., pemateri pertama dalam acara tersebut menerangkan, karir merupakan suatu proses yang sengaja diciptakan perusahaan untuk membantu karyawan bisa berpartisipasi ditempat kerja. Sedangkan yang dimaksud dengan karir individual adalah urutan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang dialami seseorang selama masa kerjanya.

‘’Dalam berkarir, seseorang harus bisa mengembangkan karir agar tidak stagnan di satu titik saja. Pengembangan karir atau career development adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan jenjang atau status seseorang dalam pekerjaan. Jadi dalam sebuah pekerjaan, seseorang wajib mengembangkan karirnya sendiri,’’ jelas dosen yang akrab dipanggil Novi.

Lebih lanjut, dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya itu menambahkan, menurut Lampiran I Surat Dirjen Dikti No. 3298/D/T/99 tentang Beban Kerja Normal seorang Dosen Tetap, Penjelasan butir (3) bahwa beban normal dosen wali adalah 20 orang mahasiswa per – semester, sehingga dosen mengenal setiap mahasiswa yang dibinanya. Untuk hal tersebut dosen menyediakan waktu minimal 1 jam per minggu untuk konsultasi terhadap masalah – masalah yang dihadapi oleh para mahasiswanya.

‘’Kita sebagai dosen harus bisa membantu mahasiswa untuk mencapai cita – cita mereka. Langkah – langkah yang bisa kita lakukan yang pertama adalah kenali mahasiswa, yaitu bagaimana karakter mereka selama di kampus. Kedua, lihat prestasi akademik dan bakat minatnya, kemudian yang terakhir kita arahkan pada cita – cita yang mereka inginkan,’’ imbuhnya kepada peserta.

Sementara itu, Fasilitator dan Psikolog, Dr. Dewi Retno Suminar,M.Si.,Psikolog., menjelaskan bahwa personal brandingadalah sebuah gambaran diri seseorang dihadapan orang lain atau cara seseorang memperkenalkan diri dan membangung sebuah images dihadapan public.

‘’Personal branding sangat diperlukan seorang dosen untuk memperkenalkan dirinya dihadapan mahasiswa, bagaimana membangun images yang baik saat mengajar sehingga mahasiswa bisa nyaman di kelas. Saya berharap setelah adanya pelatihan ini semua dosen dan karyawan dapat mem – branding dirinya masing – masing, membangun imagesyang bagus dan dapat menempatkan posisinya disaat yang tepat,’’ tutup instruktur pengembangan pribadi di John Robert Power Indonesia itu.