berita

UNTAG Surabaya Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017

Kusnan | Senin, 02 Oktober 2017 - 10:08:08 WIB | dibaca: 603 pembaca

Rektor UNTAG Surabaya Prof. Dr. drg. Ida Aju Brahmasari, Dipl., DHE., MPA menjadi inspektur upacara dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila, di Halaman Parkir Utara, Senin (2/10/2017). Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini juga diikuti oleh tenaga pendidik dan kependidikan Politeknik UNTAG Surabaya.

Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2017 mengangkat tema “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”. Melalui tema tersebut diharapkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diakhir upacara, Prof. Brahmasari mengucapkan terima kasih kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 816, karena telah berhasil menjalankan proses upacara dengan baik. UKM Menwa adalah petugas upacara pada upacara Hari Kesaktian Pancasila kali ini.

“Bapak/ibu sekalian mari kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk UKM Menwa karena telah sukses memandu jalannya upacara. Terima kasih UKM Menwa,” ucapnya.

Pada upacara Hari Kesaktian Pancasila kali ini, Prof. Brahmasari berkesempatan membacakan naskah Ikrar dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Berikut bunyi Ikrar tersebut :

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2017

Atas Nama Bangsa Indonesia

Wakil Ketua DPR RI


H Fahri Hamzah, SE








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)