berita

Workshop 30 Hari Jago Jualan

Menik | Selasa, 31 Januari 2017 - 11:35:13 WIB | dibaca: 434 pembaca

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 5 UNTAG Surabaya mengundang Supangat Kepala Sistem Badan Informasi (BSI) UNTAG Surabaya sebagai pemateri Workshop “ 30 Hari Jago Jualan” kepada warga desa Jipurapah, Plandaan, kabupaten Jombang.

 

Workshop 30 hari jago jualan merupakan salah satu program kerja KKN Kelompok 5 UNTAG Surabaya untuk memberikan sosialisasi dan motivasi mengenai penjualan dengan tema Acara Peningkatan Kualitas SDM di Bidang Pendidikan, Pertanian Dan Peternakan.

Supangat, S.Kom.,MM Kepala BSI UNTAG Surabaya dalam workshop 30 Hari Jago Jualan menyampaikan 4 pilar perekomonian diantaranya: pemasaran (marketing dan sales), Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan dan operasional. Untuk skill dasar menjadi penjual mulailah jualan merk orang lain terlebih dahulu, mulai dari jadi dropshipper yang tanpa modal dan tanpa stok atau jadi reseller. Jika sudah punya banyak pelanggan kuncinya ada pada keberanian dan penjualan. “ Satu-satunya cara tercepat dan terampuh untuk memiliki uang dalam waktu singkat dan halal adalah jualan. Dalam setiap workshop dan seminar tentang enterpreneur sering kita dengar dengan bekerja anda bisa menjadi kaya tetapi jika ingin kaya raya maka berjualanlah. Adapun 3 kunci sukses jualan yaitu penjualnya, penawarnya, pembelinya,” jelas Kepala BSI UNTAG Surabaya.

“ Sedangkan untuk tipe penjual ada 4 macam  : tipe Dominan(D) merupakan penjual berorientasi pada tujuan dan tugas, tipe Intim(I) berorientasi pada tujuan dan hubungan, tipe Stabil (S) berorientasi pada hubungan dan proses, tipe Cermat (C) berorientasi pada proses dan tugas. Dalam workshop 30 hari jago jualan tipe penjual seperti apakah warga desa Jipurapah kita membagikan juga memberikan kuisioner. Dari hasil kuisioner jika jumlah pilihan terbanyak A dan C, maka memiliki tipe perilaku Dominan jadikan tipe D sebagai Marketer atau penjual yang bertugas untuk melakukan inisiasi penjualan, penetrasi produk, dan mendobrak market,” tambah dosen Teknik Informatika tersebut.

“ Untuk pilihan terbanyak A dan D maka memiliki tipe perilaku Intim jadikan mereka sebagai Public Relation atau penjual yang akan melakukan pendekatan ke beberapa orang penting dan melakukan follow up kepada mereka yang sudah jadi pelanggan Anda. Sedangkan pilihan terbanyak B dan D, maka memiliki tipe perilaku Stabil, jadikan sebagai Customer Service yang siap kapanpun untuk ditanya-tanya oleh calon pembeli dan menerima segala bentuk komplain dari pelanggan. Terakhir jika pilihan terbanyak B dan C, memiliki tipe perilaku Cermat ada baiknya sebagai Admin atau penjual khusus produk-produk yang memiliki nilai cukup tinggi dengan detail dan spesifikasi produk cukup rumit,”tutup Supangat, S.Kom.,MM.








Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)