4 Agrowisata Durian Populer di Jawa Timur

  • 29 Januari 2021
  • YRS
  • 133

Jawa Timur memiliki banyak destinasi agrowisata populer. Mulai agrowisata kebun apel, strawbery, jeruk dan beragam jenis buah-buahan lainnya, termasuk agrowisata durian.

 

Durian merupakan buah musiman buah yang dapat dijumpai pada musim tertentu. Durian umumnya panen disaat musim penghujan atau pada bulan November hingga Februari, bahkan lebih.

 

Bicara soal durian, Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu daerah surganya durian di Indonesia. Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan, Mojokerto hingga Trenggalek, merupakan daerah pegunungan yang dikenal banyak menghasilkan durian unggul.

 

Bahkan di daerah-daerah itu banyak berdiri destinasi agrowisata durian yang bisa menjadi alternatif liburan wisata keluarga untuk menikmati durian bersama.

 

Kampung Durian Banyuwangi

Di awali dari daerah paling timur Jatim. Banyuwangi. Di sana ada salah satu destinasi agrowisata menarik bagi para pecinta durian. Kampung durian ini ada di Dusun Sembawur, Desa Songgon.

 

Kebun durian ini baru diresmikan pada 2018. Di sana, ada 4.000 pohon durian yang terdiri dari jenis durian kuning, durian merah, oranye, dan pelangi.

 

Tak cuma menyediakan pohon durian, tempat yang dialiri sumber air ini tumbuh tanaman selada air yang indah. Bahkan sang pemilik menyediakan sejumlah gubuk di bawah pohon. Tujuannya agar pengunjung langsung bisa menyantap durian di tempat.

 

Agrowisata Durian Pasuruan

Namanya Agrowisata Bhakti Alam. Lokasinya ada di Jalan Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini unggul dengan kesejukan alamnya. Pohon duriannya yang lebat, membuat pengunjung semakin tergoda.

 

Tempat ini berbasis wisata edukasi dengan slogan “fun fruity and education” yang tentunya cocok untuk anak-anak. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi beberapa buah lain seperti kelengkeng, melon, buah naga, belimbing dan jambu air.

 

Kebun Durian Wagir di Malang

Kabupaten Malang menjadi salah satu kota jujugan pelancong yang ingin menikmati durian. Salah satu daerah agrowisata durian yang populer, yakni Kecamatan Wagir.

 

Mungkin ini yang paling luas dibanding yang lain, yakni berdiri di atas tanah seluar kurang lebih 1000 meter persegi. Keunggulannya, durian di tempat ini sangat manis.

 

Keunggulan kedua, pengunjung bisa mengelus-elus durian yang masih menempel di pohon. Pasalnya, pohon durian di sini umumnya tidak terlalu tinggi. Tidak hanya mengelus, pengunjung juga bisa memetik dan menikmatinya secara langsung.

 

Desa Durian Trenggalek

Ke Trenggalek belum lengkap kalau belum mampir ke Agrowisata Durensari. Lokasinya di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Banyak wisatawan yang datang ke sini berburu durian. Tempatnya yang asri membuatnya asik dijadikan tempat berlibur dengan keluarga.

 

Di tempat ini, pengunjung diperbolehkan makan durian yang jatuh dari pohonnya. Syaratnya harus habis. Jika ingin membawanya pulang, pengunjung diharus merogo kocek lagi. (RA)

 

Sumber : jatim.suara.com

 

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5034
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5082