5 Makanan Baik untuk Jaga Paru-paru Tetap Sehat

  • 25 Juni 2021
  • AR
  • 169

Menjaga kesehatan paru-paru adalah salah satu hal paling tepat yang bisa dilakukan saat ini mengingat adanya pandemi Covid-19. Salah satu cara menjaganya yakni dengan mengonsumsi beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru.


Paru-paru menjadi salah satu organ penting yang dimiliki tubuh. Berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi darah, paru-paru bertugas untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Tanpa paru-paru yang sehat, tubuh akan menjadi rapuh. Berbagai penyakit dapat menyerang organ paru-paru, termasuk di antaranya infeksi virus corona penyebab Covid-19 yang kini tengah menjadi ancaman dunia.


Di tengah pandemi ini, tak ada salahnya untuk lebih menjaga kesehatan organ paru-paru. menjaga asupan makanan dapat berpengaruh terhadap kesehatan organ. Sebagaimana diketahui, pada dasarnya apa pun yang Anda makan akan berpengaruh terhadap kerja organ tubuh. Berikut beberapa makanan baik untuk menjaga paru-paru tetap sehat :


1. Bit


Bit yang berwarna merah mengandung senyawa nitrat yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Mengutip Healthline, nitrat berfungsi untuk mengendurkan pembuluh darah serta mengoptimalkan pengambilan oksigen. Suplemen bit telah terbukti meningkatkan fungsi paru-paru pada orang-orang dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).


2. Apel


Konsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima atau lebih apel per pekan dapat menurunkan risiko PPOK. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada apel juga diketahui dapat menurunkan risiko asma dan kanker paru-paru.


3. Kunyit


Bukan rahasia lagi, kunyit memang memiliki sejuta khasiat kesehatan, termasuk di antaranya untuk kesehatan paru-paru. Hal ini didapat dari efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki kunyit. Kurkumin, komponen aktif utama pada kunyit, dapat mendukung fungsi paru-paru. Studi juga menemukan, asupan kurkumin pada kelompok perokok dikaitkan dengan fungsi paru 9,2 persen lebih baik daripada kelompok perokok yang tidak mengonsumsi kunyit.


5. Blueberry


Blueberry kaya akan antosianin, malvidin, sianidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Deretan nutrisi itu lah yang membuat blueberry menjadi pilihan tetap untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Antisianin diketahui sebagai pigmen yang terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif. Penelitian menemukan, konsumsi dua atau lebih porsi blueberry per pekan dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38 persen.

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

R. Ayu

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5208
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5252