Berbagai Bidang Usaha yang dikelola Direktorat Unit Usaha YPTA Surabaya

  • 02 Maret 2020
  • YRS
  • 23

Direktorat Unit Usaha yang sebelumnya merupakan Badan Bidang Usaha merupakan Direktorat yang membawahi berbagai bidang usaha di lingkungan Yayasan 17 Agustus 1945 Surabaya, seperti persewaan gedung pernikahan, lapangan futsal, kantin, percetakan dan lain sebagainya.

 

Irma Hermawati, S.E., S.I.Kom., Direktur Unit Usaha ketika ditemui di kantornya mengatakan, bahwa perkembangan organisasi dan tuntutan dari lembaga mengharuskan supaya Unit Usaha berdiri sendiri menjadi Direktorat Unit Usaha. ‘’Lama-kelamaan dengan berkembangnya organisasi yang merupakan sebuah tuntutan dari lembaga bahwa harus ada Direktorat Unit Usaha yang berdiri sendiri,’’ kata Irma (29/02/20).

 

Sebelum berganti nama menjadi Direktorat Unit Usaha, Badan Bidang Usaha berada di bawah Direktorat Operasional. Segala kebijakan, termasuk jika ingin mengembangkan bidang bisnis yang lainnya harus mendapat persetujuan dari Direktur Operasional. Namun saat ini Direktorat Unit Usaha memiliki posisi yang sejajar dengan Direktorat Operasional dan bertanggungjawab secara langsung kepada Yayasan.

 

Saat ini Direktorat Unit Usaha telah menaungi beberapa bidang usaha di lingkungan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya. Ada bidang persewaan seperti persewaan gedung pernikahan, persewaan gedung futsal, dan gedung serbaguna lainnya. Ada juga persewaan ruangan untuk Kantor Pos, kantin, ATM, Poliklinik dan lain sebagainya.

 

Tidak hanya di bidang persewaan saja, Direktorat Unit usaha juga memiliki percetakan tepatnya di Gedung Graha Wiyata lantai 1. Irma menambahkan bahwa percetakan tersebut nantinya akan dikembangkan lagi menjadi penerbit buku.

 

‘’Dulu awalnya hanya fotocopy saja, tapi saat ini sudah mulai kami rintis menjadi penerbit buku. Jika banyak naskah dari dosen-dosen datang ke sini, kami yakin akan menjadi penerbit besar,’’ imbuh Irma.

 

Dalam waktu dekat ini Direktorat Unit Usaha juga akan mengenalkan usaha barunya yaitu Basecamp 17 dan Travel 17 yang nantinya akan di-launching pada Selasa tanggal 3 Maret 2020 di area gedung parkir Untag Surabaya. Basecamp 17 merupakan angkringan yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau sesuai isi kantong mahasiswa.

 

Untuk menjalankan usaha harus tahu siapa pangsa pasarnya, harus tahu apa yang akan dijual dan berapa harganya. Jika targetnya mahasiswa, harus menjual sesuai kemampuan mahasiswa.

 

‘’Kami akan mengembangkan usaha lagi yaitu basecamp 17, sejenis cafe tapi sebenanrnya angkringan. Kami tahu persis pangsa pasarnya adalah mahasiswa, jadi kami akan menjual dengan harga yang sesuai kantong mahasiswa,’’ kata Dosen yang mengampu matakuliah Kewirausahaan tersebut.

 

Sedangkan terkait Travel 17, Irma menjelaskan nantinya semua mahasiswa akan dapat mengaksesnya melalui aplikasi di smartphone. Ia juga mempersilakan jika mahasiswa ingin menjadi agen Travel 17. ‘’Jika ada mahasiswa yang ingin menjadi agen travel, ya silakan. Yang terpenting kewajiban belajar sebagai mahasiswa sudah terpenuhi,’’ tutup Irma.

 

 

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4778
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4823