Clubhouse, Aplikasi Obrolan Viral

  • 17 Februari 2021
  • AR
  • 17

Belakangan ini, Clubhouse kerap diperbincangkan oleh banyak orang di berbagai sosial media. Pasalnya, belum lama ini Elon Musk menyelenggarakan obrolan menggunakan aplikasi Clubhouse.

 

Acara tersebut memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi dan dialirkan secara langsung ke YouTube, alhasil banyak orang ingin menggunakan Clubhouse. Per tanggal 1 Februari 2021, Clubhouse memiliki 2 juta pengguna.

 

Dikutip dari The Guardian, Clubhouse adalah aplikasi jejaring sosial yang menggunakan audio-chat. Pengguna dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik. Tidak jauh berbeda seperti mendengarkan podcast tetapi langsung dan dengan lapisan eksklusivitas tambahan.

 

Clubhouse bisa digunakan hanya untuk undangan. Penggunanya tidak bisa begitu saja mengunduhnya dari App Store dan membuat akun. Untuk bisa ikut mendengarkan, pengguna harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada.

 

Saat bergabung, pengguna bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan.

 

Semakin banyak informasi yang diberikan kepada aplikasi, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk diikuti.

 

Penggunaan Clubhouse layaknya ruang percakapan seperti panggilan konferensi. Dengan beberapa orang berbicara di telepon, dan sebagian besar mendengarkan. Seperti panggilan telepon, setelah percakapan selesai maka ruangan ditutup.

 

Pembuatnya telah mengumumkan bahwa tujuan 2021 mereka adalah menyelesaikan tahap beta aplikasi, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuka Clubhouse ke seluruh dunia.

 

Clubhouse telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi.

 

Elon Musk menyimpulkan daya tarik Clubhouse selama obrolannya dengan Tenev, mencatat bahwa "peralihan konteks adalah pembunuh pikiran". Idenya adalah ketika pengguna masuk ke Clubhouse, dengan notifikasi dinonaktifkan, mereka dapat fokus pada satu topik pada satu waktu.

 

Dikutip dari businessinsider.com, aplikasi Clubhouse saat ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone. CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan bahwa aplikasi ini nantinya akan bisa digunakan untuk semua orang, termasuk pengguna Android.

 

Clubhouse membangun reputasinya dengan percakapan yang dibawakan oleh nama-nama besar seperti Oprah Winfrey, Mark Zuckerberg, dan Elon Musk. Bahkan aplikasi ini sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok di Silicon Valley dan tokoh hiburan.

 

 

Sumber : Tribunnews

R. Ayu