Dosen Untag Surabaya Tingkatkan Pendapatan UMKM

  • 03 Desember 2019
  • MKM
  • 210

Dua dosen Untag Surabaya lakukan pendampingan dan pengembangan pemasaran secara online Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2019 sampai Bulan Desember 2019.  

Pendampingan UMKM ini di pelopori oleh Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M.AP (Administrasi Publik FISIP) sebagai ketua dan Dr. Abdul Halik, MM (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) sebagai anggota. Kedua dosen yang tergabung dalam Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) 2019 itu menggaet UMKM ‘’Kedurus Sejahtera’’ sebagai Mitra.

Sebagai ketua tim, Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M.AP, mengatakan pendampingan dan pengembangan ini dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan merumuskan Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia tahun 2009 – 2025 oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. ‘’Salah satunya adalah UMKM yang bergerak di bidang kerajinan handycraft beralamatkan Jl. Kedurus III gang Masjid Kota Surabaya,’’ ungkapnya.

Menurutnya, UMKM ‘’Kedurus Sejahtera’’ tersebut sudah bagus dalam membuat produk kerajinan berupa tas dan dompet bordir tetapi permasalahannya masih mengandalkan pemesanan dan pemasaran secara offline.

‘’Untuk mengatasi permasalahan, cara pengembangan desain, proses pemasaran serta pendampingan pemasaran dilakukan dalam bentuk online. Karena dengan online dapat mempercepat dan memudahkan proses pemasaran. Sedangkan untuk pendampingan juga dilakukan agar lebih memberikan pemahaman kepada Mitra,’’ jelasnya kepada warta 17 agustus, (02/12).

Tim PKM yang melibatkan 3 mahasiswa Untag Surabaya (Ingesti Lady Rara Prastiwi, Rizka Nur Lailatul Tasbihi dan Futiha Muaddib) itu berharap, dengan pemasaran dan pendampingan secara online dapat mempermudah kegiatan jual beli yang lebih efektif dan efisien. Lebih meningkatkan pendapatan atau income dari UMKM Mitra dan UMKM Mitra dapat membuat manajemen usaha yang baik dengan berbasis online.

‘’Adapun bentuk pemasaran secara online yang disepakati adalah pembuatan instagram dengan nama akun @kesrabordir dan akun website UKM ‘’Kedurus Sejahtera’’ bernana kesrabordirsby07.shop.,’’ papar Anggraeny.

Lebih lanjut, ia menambahkan rencana tahap berikutnya akan memberikan pelatihan pengoperasian website dan media sosial, pelatihan memasarkan produk melalui media online serta pembuatan video. Karena pemasaran online sangat dipengaruhi oleh konten yang dibuat. ‘’Jika melihat karakteristik konsumen modern, tidak salah lagi bahwa pendekatan strategi pemasaran digital menjadi salah satu yang layak dipertimbangkan,’’ imbuhnya.

 

 

 

M.KHOIRUL M.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme