DSI Untag Surabaya Terapkan Metode Pembelajaran Baru

  • 13 Oktober 2020
  • redaksi
  • 68

Selasa (13/10/2020) – Direktorat Sistem Informasi (DSI) Untag Surabaya baru saja menerapkan metode pembelajaran baru berupa video materi ala gamer.


Inovasi metode pembelajaran tampaknya berkembang pesat ditengah pandemi Covid-19. Untag Surabaya terus mencari inovasi baru agar belajar dari rumah tetap menyenangkan.


Selain meluncurkan E-Learning Untag atau ELITAG, Untag Surabaya terus melakukan terobosan baru. Salah satunya Direktur DSI Untag Surabaya, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT yang baru saja menerapkan metode pembelajaran baru berupa video materi ala gamer.


“Tentunya kita harus selalu berinovasi, agar tidak monoton, jadi mahasiswa tidak bosan. Selain itu ini juga cukup efisien untuk kalangan dosen,” ujar Supangat.


OBS Studio adalah aplikasi video recording dan live streaming yang gratis dan Open Source. Gratis artinya aplikasi ini bebas kita download dan kita gunakan. Open Source artinya aplikasi ini dilengkapi dengan source codenya dan kita bisa berkontribusi untuk melakukan pengembangan. 


OBS (Open Broadcast Software), software ini bisa melakukan live streaming dan merekam video secara mudah dan tentu saja gratis. Banyak dari youtuber-youtuber atau gamer-gamer yang menggunakan aplikasi ini untuk berkonten. 


Melalui bantuan aplikasi OBS Studio, dosen pengajar bisa merekam penjelasan materi serta memberi tugas secara langsung. dalam 1x pembuatan, dosen pengajar bisa merekam untuk 2-3x pertemuan sehingga memudahkan dosen pengajar.


Hasil video pembelajaran tersebut nantinya akan diupload via platform Youtube untuk memudahkan mahasiswa/i menonton kapan saja. (RA)

REDAKSI

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme