Inspirasi Kegiatan Ramadhan Kreatif di Sekolah

  • 07 April 2022
  • 306

Kegiatan Ramadhan kreatif dapat menjadi semangat setiap muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Begitu halnya pada pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah selama Ramadhan.

 

Pembelajaran di sekolah tetap dilaksanakan dengan melibatkan seluruh dewan guru, tenaga pendidikan, pengawas sekolah dan komite sekolah dengan penekanan materi pada penguatan karakter anak pada ibadah bulan suci Ramadhan.

 

Dalam hal ini materi kegiatan belajar yang disampaikan hendaknya dapat memberi semangat dan kegembiraan bagi siswa agar tidak membosankan sehingga siswa yang hadir ke sekolah ceria dan bahagia.

 

Selama bulan puasa, kegiatan pembelajaran lebih banyak ditekankan tentang kajian-kajian keilmuan tentang ajaran islam untuk menambah ilmu wawasan agama bagi para siswa.

 

Berikut beberapa kegiatan yang dapat diterapkan di sekolah untuk menemani pembelajaran selama bulan puasa :

 

       1. Jawab Tantangan 30 hari

Kegiatan Ramadhan kreatif pertama adalah melakukan jawab tantangan selama 30 hari. Misalnya, memberikan tantangan kepada siswa dengan menghafal surat Al-quran atau kisah nabi

 

        2. Mengaji Bersama

Selain menyenangkan, mengaji merupakan ibadah yang memiliki pahala berlimpah bagi yang mengerjakannya.

 

         3. Bakti Sosial

Bakti sosial menjadi salah satu program kegiatan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan di sekolah. Para siswa bisa melakukan bagi-bagi takjil jelang berbuka ke daerah sekitar sekolah, sehingga dapat menumbuhkan rasa empati terhadap sesame.

 

        4. Membersihkan Mushola atau Masjid

Kegiatan ini dapat dilakukan disekolah karena dapat menghidupkan masjid. Misalnya dengan mengganti dan mencuci sarung, sajadah, dan mukenah. Menyusun kembali penataan seluruh isi masjid agar terlihat lebih rapi sehingga dapat menumbuhkan rasa semangat beribadah. (Vania)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id