Jelang Liburan Sekolah, Staycation Bisa Jadi Pilihan

  • 17 Juni 2022
  • latifah
  • 105

Seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia, mulai banyak keluarga yang merencanakan liburan di momen menjelang libur sekolah seperti saat ini. Staycation disebut salah satu tren liburan sekolah tengah tahun selama periode akhir Juni hingga awal Juli nanti.

 

Co-Founder, Traveloka, Albert, dalam keterangannya mengatakan bahwa saat pelaksanaan Traveloka EPIC Sale beberapa waktu lalu tercatat penggunaan PayLater tertinggi selama periode tersebut.

 

"Kami mencatat penggunaan tertinggi PayLater selama periode EPIC Sale untuk transaksi hotel sepanjang semester pertama 2022. Kenaikan juga terjadi pada pembelian asuransi perjalanan sebesar 3 kali lipat dibanding semester kedua 2021," ujar Co-Founder, Traveloka, Albert, dalam keterangannya, Jumat, (17/6/2022).

 

Dikutip dari Worldpackers, arti staycation adalah ketika seseorang liburan ke lokasi yang relatif dekat dengan rumah. Dengan staycation, masih dapat pergi ke suatu tempat baru selama sehari, semalam, seminggu, atau selama yang diinginkan. 

 

Konsep staycation adalah seseorang bisa berlibur namun tanpa memerlukan tiket pesawat, paspor, atau visa ke lokasi tujuan liburan. Sebab, lokasi liburan staycation masih mudah, murah, dan jaraknya dekat dengan rumah. 

 

Manfaat Staycation :

 

1. Mengurangi stres yang terkait perjalanan liburan: dari mencari akomodasi hingga menyiapkan beberapa koper berisi pakaian yang bertumpukan dan bahkan tidak digunakan.

 

2. Mempromosikan ekonomi local dengan memanfaatkan waktu liburan untuk tur di pasar lokal, pergi ke perkebunan untuk memetik buah dan sayuran, atau bahkan bermalam di hotel menarik di dekat rumah.

 

3. Menemukan kembali keindahan kota atau wilayah yang sering dilupakan karena stres atau kesibukan.

 

4. Last but not least, staycation memungkinkan untuk belajar bagaimana memanfaatkan momen saat ini dengan baik.
 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

N. S. Latifah

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme