Kementan Berikan Beasiswa Penuh untuk SDM Sawit 2022

  • 20 Juni 2022
  • 155

Kementrian Pertanian (Kementan) membuka pendaftaran beasiswa SDM Sawit 2022. Penerima beasiswa akan dapatkan sejumlah fasilitas mulai dari biaya kuliah dan biaya hidup hingga berkesempatan magang di perkebunan besar.

 

Program beasiswa ini terbuka bagi pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun kelapa sawit, ASN atau PPPK, dan karyawan/pekerja pada usaha budidaya dan/atau pengolahan hasil perkebunan sawit.

 

Pendaftaran beasiswa dibuka 15 Juni – 19 Juli 2022 yakni untuk Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (DI, DII, DIII, dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022.

 

Direktur Perlindungan Perkebunan Kementrian Pertanian, Ir. Baginda Siagian menyatakan program ini diharapkan dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang dapat terus secara konsisten dapat berperan dalam meningkatkan industri perkelapasawitan Indonesia, Sabtu, 18/6/2022.

 

Pembukaan (beasiswa) dilaksanakan tanggal 15 Juni 2022, sasarannya pekebun, keluarga pekebun, karyawan/pekerja pada usaha budidaya dan/atau pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit, keluarga karyawan/pekerja pada usaha budidaya dan/atau pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit yang terdiri dari anak/istri atau suami, Pengurus/Anggota koperasi/Lembaga, dan ASN (PNS dan PPPK) yang bergerak dalam perkelapasawitan” Pungkasnya dalam Seminar SEVIMA

 

Kerja sama antara Ditjenbun dan SEVIMA ini sebagai wujud pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai kemudahan akses. Sistem ini sekaligus mempermudah panitia beasiswa dalam seleksi nasional, pendaftaran, validasi berkas hingga penyaluran penerima beasiswa ke perguruan tinggi jadi lebih efektif dan efisien.

 

Baginda menambahkan untuk informasi, Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 ini bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi sebagai kampus tujuan berkuliah, di antaranya:

 

1. Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY-STIPER)

2. Politeknik LPP Yogyakarta

3. Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE)

4. Politeknik Kampar

5. STIPER Agrobisnis Perkebunan (STIPAP)

6. Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB-BEKASI)

7. Institut Pertanian Stiper Jogjakarta.

 

Program Beasiswa Sawit Tahun 2022 diberikan setingkat Diploma I, Diploma II, Diploma III atau Diploma IV (Vokasi) dengan kompetensi kelapa sawit. Kompetensi dan jurusan yang dapat dipilih mahasiswa di antaranya:

 

1. Pemuliaan/Pembenihan/Pembibitan Kelapa Sawit

2. Budidaya/pemeliharaan tanaman kelapa sawit

3. Teknologi produksi tanaman perkebunan kelapa sawit

4. Teknologi Pengolahan hasil kelapa sawit

5. Teknik kimia

6. Teknik mesin

7. Perawatan dan perbaikan mesin

8. Akuntansi Teknologi informatika

9. Manajemen logistik kelapa sawit.

 

Beasiswa juga dapat diberikan setingkat strata 1 (akademik) dengan minat atau kompetensi kelapa sawit, dengan program studi antara lain Agroteknologi atau Agribisnis.

 

Di tahun 2022, beasiswa ini memiliki kuota sebanyak 1000 penerima. Peraih beasiswa akan memperoleh fasilitas beasiswa SDM Sawit 2022 berupa transport pergi kampung halaman menuju kampus, kesempatan magang di perkebunan besar dan sertifikat kompetensi, serta biaya pendidikan penuh.

 

Peraih beasiswa juga akan mendapatkan uang tunai untuk biaya asrama/kos, uang saku, dan uang buku, yang besarannya disesuaikan dengan Standar Biaya yang telah ditetapkan.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id