KKN Untag Surabaya Tingkatkan Potensi Desa Wonokalang Sebagai Wisata Religi

  • 17 Desember 2019
  • YRS
  • 143

KKN Non Reguler tematik Untag Surabaya lakukan program kerja dengan tema ‘’Wonokalang sebagai Desa Wisata Religi’’. Kegiatan mulai 9 November hingga 15 Desember 2019 itu bertujuan meningkatkan potensi desa Wonokalang.

Potensi wisata religi yang dimiliki Desa Wonokalang, Wonoayu, memotivasi mahasiswa KKN Untag kelompok desa Wonokalang, Sidoarjo untuk memaksimalkan eksistensi desa tersebut. Hal ini perlu dilakukan mengingat peziarah yang datang masih kalangan masyarakat sekitar.

Salah satu wisata religi yang dikembangkan adalah makam Syekh Jafar yang memiliki garis keturunan besan antara Sunan Kali Jogo (Raden Said) dan Sunan Ngundung (Syech Usman Haji). Garis keturunan tersebut membuatnya menjadi tokoh di balik sejarah desa Wonokalang.

Dosen Pembimbing Lapangan, Muchamad Rizqi, S.I.Kom., M.Med.Kom., yang turun langsung dalam acara tersebut mengatakan kegiatan mahasiswa KKN memiliki satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan potensi desa Wonokalang sebagai wisata religi. ‘’Dengan dilaksanakannya KKN di Desa Wonokalang dapat menjadikan desa ini lebih dikenal oleh masyarakat luas dari segi wisata religinya,’’ ujar Rizqi.

Makam Syekh Jafar dinilai belum memiliki ciri khas yang menarik, sehingga mahasiswa melaksanakan beberapa kegiatan dengan harapan dapat meningkatkan daya tarik lokasi tersebut. Kegiatan meliputi pemberian lampu hias, perbaikan sarana prasana, penghijauan kembali halaman makam, pemberian bak kontrol, dan pembangunan gapura.

Terakhir Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi tersebut berharap agar kedepannya masyarakat dapat mengelola serta mengembangkan potensi desa Wonokalang. ‘’Selain itu kami berharap masyarakat dapat mengelola potensi wisata yang ada di wilayahnya dengan baik, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mereka,’’ tutup Rizqi.

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4765
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4814