Langkah Tepat Mencegah Wabah Virus Corona

  • 20 Maret 2020
  • YRS
  • 71

Masyarakat dunia kini sedang digemparkan oleh virus mematikan Covid-19. Virus tersebut telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah itu, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularannya.

 

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala seperti flu, demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya orang yang terserang infeksi virus tersebut bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini.

 

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona yaitu selalu mencuci tangan dengan benar yang merupakan cara sederhana dan efektif untuk mencegah penyebaran virus. Pastikan seluruh bagian tangan terbasuh dengan air hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan, sela-sela jari, dan kuku.

 

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, menyentuh hewan dan lainnya.

 

Berikutnya adalah dengan menggunakan masker. Ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

 

Sedangkan masker N95 merupakan jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker ini yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

 

Menjaga daya tahan tubuh juga merupakan hal yang penting dalam mencegah virus Corona. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Konsumsilah makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

 

Hindari berpergian ke negara terjangkit. Tidak hanya Negara Cina, virus Corona kini sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa, Asia. Supaya tidak tertular virus ini, disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus tersebut.

 

Sumber : https://bit.ly/3dhREyq

 

 

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4778
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4823