Lift Tangga Kursi untuk Kemudahan Mobilitas Mahasiswa Tuna Daksa

  • 19 November 2020
  • YRS
  • 523

Dosen Untag Surabaya dinyatakan lolos dalam Penelitian Hibah Kemendikbud dengan rancangan Lift Tangga Kursi (LTK) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus. Mereka adalah Dr. I Gusti Ayu Agung Noviekayati. M.Si., Psikolog, Sayidah Aulia ul Haque, M.Psi., Psikolog. Eka Marliana, S.T., M.T. dan Niken Andriaty Basyarach, S.T., M.T.

 

Ketua tim Dr. IGAA. Noviekayati. M.Si., Psikolog menyebutkan, fasilitas Perguruan Tinggi untuk mobilisasi peserta didik penyandang Tuna Daksa atau Disabilitas yang memiliki kebutuhan khusus menurutnya masih kurang.

 

‘’Mahasiswa dengan kebutuhan khusus seharusnya mendapat fasilitas dan kesempatan yang sama, supaya dapat belajar seperti halnya peserta didik normal pada umumnya,’’ ungkap Novi (16/11/20)

 

Maka dari itu Novi beserta 3 Anggota lainnya merancang Lift Tangga Kursi dengan tujuan supaya mahasiswa penyandang Tuna Daksa mendapat kesempatan dan fasilitas yang setara dengan mahasiswa lainnya.

 

Lift Tangga Kursi merupakan alat mekanis untuk menaiki dan menuruni tangga. Rel dipasang ke tapak tangga, sedangkan kursi atau platform pengangkat terpasang pada rel. Lift Tangga Kursi ini sudah banyak digunakan untuk kebutuhan domestik di negara-negara maju, khususnya untuk apartemen atau kantor-kantor pemerintah demi menunjang keperluan masyarakat umum.

 

‘’Dengan Lift Tangga Kursi ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas para mahasiswa penyandang Tuna Daksa, sehingga secara langsung hal ini akan dapat meningkatkan motivasi belajar bagi mahasiswa dengan kebutuhan khusus,’’ imbuh Dosen Psikologi Untag Surabaya tersebut.

 

Lift Tangga Kursi ini telah diuji kekukatannya menggunakan metode Finite Element Analysis dan desainnya terbukti aman. Selain itu desain kursi ini dapat dilipat sehingga tidak mengganggu ketika tidak sedang dipakai. Terdapat juga kursi roda yang siap digunakan jika pada kondisi tertuntu dibutuhkan.

 

Instalasi Lift Tangga Kursi ini relatif mudah, karena penggunaan full elektrik menggunakan tombol. Selain itu juga dibekali dengan sistem fingerprint dan emergency brake sebagai system keamanan operasi.

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 5483
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 5247
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 5306