Lulusan Terbaik Fakultas Psikologi Berharap Dapat Memotivasi Mahasiswa Lain

  • 27 Februari 2020
  • YRS
  • 252

Ike Syamsiah Arif Saputri berhasil menyelesakan pendidikan Strata 1 Fakultas Psikologi Untag Surabaya dengan penelitian terkait efektivitas therapy dalam meningkatkan kebermaknaan hidup narapidana. Ia didapuk sebagai lulusan terbaik mewakili Fakultas Psikologi.

 

Kebermaknaan hidup merupakan sebuah motivasi yang kuat untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu kegiatan yang bermanfaat. Hidup yang bermanfaat dan bernilai selalu dapat memberi makna baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Ike meneliti kebermaknaan hidup narapidana di rumah tahanan negara perempuan kelas II A Surabaya.

 

Ike menjelaskan beberapa alasan sebelum memutuskan untuk meneliti hal tersebut. Setelah membaca dari berbagai sumber, menurutnya narapidana sangat mudah mengalami masalah psikologis. ‘’Orang sering lupa manfaat hidup untuk apa. Dari berberapa artikel, saya menemukan fenomena bahwa narapidana itu rentan terkena berbagai permasalahan psikologis yang dapat mengakibatkan kebermaknan hidupnya menurun,’’ ujar Ike (18/02/20)

 

Kepada warta17agustus.com Ike mengaku ada beberapa sosok yang berperan penting terhadap pencapaian yang berhasil diraihnya saat ini. Baik dari pihak keluarga atau dari kedua dosen pembimbing, yaitu Dra. Tatik Meiyuntariningsih, M.Kes. dan Akta Ririn Aristawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang selalu memotivasi supaya mendapatkan hasil terbaik.

 

‘’Orangtua selalu mendukung dan memberi keleluasaan dengan membebaskan semua kewajiban saya sebagai anak, supaya lebih fokus mengerjakan skripsi. Selain orangtua, dosen pembimbing juga sangat berpengaruh karena setiap hari selalu menanyakan sejauh mana progres yang sudah dikerjakan,’’ imbuh mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

 

Terakhir, Ike menyampaikan harapannya bahwa ilmu yang telah ia dapatkan sejauh ini akan dapat bermanfaat juga bagi orang lain. ‘’Yang jelas ingin melanjutkan kuliah lagi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Harapan ke depan semoga dapat memotivasi adik-adik yang lain supaya lebih bersemangat menyelesaikan skripsi, mendirikan kelompok belajar dan lain sebagainya,’’ tutup Ike.

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4902
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4948