Mahasiswa Ilmu Komunikasi Hasilkan Karya Tulis Berita Melalui Program MBKM

  • 24 November 2022
  • 63

Lima mahasiswa Fisip Untag Surabaya mendapatkan kesempatan magang secara profesional di Harian Bhirawa. Kegiatan tersebut hasil kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi dengan Harian Bhirawa dalam Program Bentuk Kegitatan Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BKP MBKM).

 

Kegiatan magang berlangsung selama 4 bulan (5 September - 5 Desember) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswanya dibidang jurnalistik.

 

Nur Hapsari Latifatunnisa, salah satu peserta magang MBKM di Harian Bhirawa saat diwawancarai Tim Warta17Agustus Rabu, (23/11) menjelaskan bahwa dirinya ditempatkan di bagian news production yang akan terjun langsung di lapangan.

 

“Saya dan teman-teman dikenalkan dengan para wartawan senior, ada pemberian materi, sampai pemberian tugas untuk membuat berita yang langsung didampingi oleh wartawan senior,” tutur mahasiswi semester 7 tersebut.

 

Selama masa magangnya, Nisa sapaan akrabnya mengatakan berhasil menerbitkan 2 karya tulis berita yang mengangkat berita ­feature mengenai masjid Kemayoran di Indrapura dan hostel Dr. Soetomo di media cetak Harian Bhirawa melalui seleksi ketat dari redaktur.

 

Nisa menambahkan bahwa dengan adanya Program BKP MBKM ini dirinya telah mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang didapat secara langsung maupun tidak langsung.

 

“Saya berlatih membuat naskah berita secara langsung, di sisi lain saya juga melatih time management, kreatifitas, bagaimana berkomunikasi yang baik dengan narasumber dilapangan, yang akhirnya mengubah diri saya sendiri menjadi pribadi yang lebih percaya diri,” jelasnya.

 

Diakhir masa magangnya, Nisa turut memberikan harapan kepada dirinya setelah menyelesaikan magang di Harian Bhirawa.

 

“Semoga jika dikemudian hari saya bekerja sebagai wartawan, ilmu yang saya dapatkan selama magang ini bisa saya terapkan. Selain itu, semoga Prodi bisa terus bekerja sama dan memberikan tempat untuk mahasiswanya dibidang jurnalistik untuk mengasah kemampuan yang dimilikinya,” harapnya. (Ratna)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id