Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Sepeda Penyapu Sampah Botol

  • 20 September 2021
  • AR
  • 283

Ahmad Triya Sanusi mahasiswa Vokasi dari Program Studi Teknologi Manufaktur Untag Surabaya berhasil menciptakan Rancangan Bangun berupa  Sepeda Penyapu Sampah dengan sistem berputar.

 

Dalam tugas akhirnya, Triya berhasil mendapat predikat yang menarik dari Untag melalui rancanganya tersebut, hingga inovasi tersebut dapat diliput di berbagai media.

 

Triya mengaku, penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh pengamatannya pada jalanan di desa yang sampah kurang terolah dengan baik. Selain itu, Triya mengamati petugas sapu jalanan yang melakukan pekerjaan memungut sampah dengan cara manual.

 

“Saya melihat beberapa jalan di desa yang lebar jalannya hanya sekitar dua meter ada beberapa sampah botol plastik berserakan sehingga saya termotivasi bagaimana membuat alat sapu sampah yang dapat masuk atau melewati jalan yang tidak terlalu lebar itu," kata Triya.

 

Triya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk hasil karyanya. Materi yang digunakan yaitu sepeda biasa yang kemudian dimodifikasi bagian rangka depannya untuk tempat sapu dan juga penampung sampahnya.

 

Sepeda sapu sampah ini dirancang khusus untuk membersihkan sampah botol plastik dan dikumpulkan selain untuk mengurangi pencemaran sampah, Triya melakukan hal kecil dari inovasi yang dirancangnya.

 

Dengan terciptanya sepeda sapu ini, Triya bersyukur dapat menyelesaikan rancangan pertamanya dengan baik dan berharap bahwa sepeda ini nantinya akan disempurnakan oleh generasi penerus dan dapat berguna bagi masyarakat.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

R. Ayu

jurnalis