Manfaat Kopi Hijau bagi Kesehatan

  • 22 Oktober 2021
  • YRS
  • 777

Kopi hijau merupakan biji kopi yang belum dipanggang dan bermanfaat membakar lemak. Mengandung tingkat asam klorogenat lebih tinggi dibanding kopi biasa. Asam klorogenat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

 

Suplemen ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan komposisi lemak hati. Tingkat Metabolisme dalam tubuh akan mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke darah. Ketika tubuh kekurangan glukosa, yang terjadi adalah tubuh mulai membakar sel lemak yang tersimpan.

 

Kopi hijau dapat mengendalikan tekanan darah karena kandungan asam klorogenat merupakan senyawa antioksidan yang kuat. Pasalnya, senyawa antioksidan ini menghambat kortisol aktif, yaitu hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah. Beberapa orang juga meminum kopi hijau karena dapat meningkatkan elastisitas arteri, hingga menurunkan tekanan darah.

 

Selain itu kopi hijau juga dapat meningkatkan kinerja otak. Kafein pada kopi hijau bertindak sebagai stimulan pada saraf pusat, sehingga seseorang akan merasa lebih bersemangat setelah minumnya. meskipun begitu perlu memperhatikan asupan kafein harian. Jika dikonsumsi sewajarnya, kafein dapat membantu meningkatkan fokus, perhatian, dan konsentrasi.

 

Manfaat kopi hijau yang selanjutnya adalah menghambat proses penuaan. Biji kopi hijau merupakan salah satu sumber kandungan antioksidan yang menawarkan efek anti penuaan. Asam klorogenat dalam bijinya dinilai dapat memperbaiki sifat kulit dan fungsi sirkulasi mikro pada manusia. Dengan konsumsi asam klorogenat kurang lebih selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit.

 

Tidak hanya itu, kandungan kafein pada kopi hijau dapat menjadi stimulan ringan untuk membuat seseorang merasa lebih terjaga dan berenergi. Efek penambah tenaga ini dapat bertahan hingga 12 jam. Walaupun demikian, pengaruh kafein ini tergantung pada berbagai faktor, seperti massa tubuh hingga toleransi terhadap kafein pada kopi.

sumber : hellosehat.com

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5804
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5857