Memaknai Kisah di Balik Jumat Agung

  • 28 Juni 2019
  • redaksi
  • 6647

Jumat Agung merupakan hari dirayakannya wafatnya Yesus Kristus di kayu salib setelah diadili oleh Mahkamah Agama Yahudi. Beberapa orang beragama Kristen menanyakan akan dasar ayat alkitab tentang Jumat Agung. Alkitab mencatat makna Jumat Agung sebagai peristiwa yang tertulis jejaknya sehingga tidak membuat orang Kristen merasa bingung akan hal tersebut. Berikut ini beberapa penjelasan ayat-ayat dari Alkitab tentang Jumat Agung yang bisa kita renungkan bersama.

Bagi penganut agama Kristen, melakukan tips rajin membaca Alkitab dan melihat secara seksama beberapa kisah dalam Alkitab tidak akan merasa sulit menemukan beberapa ayat Alkitab tentang Jumat Agung. Walaupun tidak diberitakan dan dituliskan secara langsung, namun peristiwa tersebut dicatat dengan jelas seperti misalnya pada ayat yang tertulis berikut ini.

Markus 15:33 Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. Markus 15:34 dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: ‘’Eloi, Eloi, lama sabakhtani?’’, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Markus 15:35 Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: ‘’Lihat, Ia memanggil Elia.’’ Markus 15:36 Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: ‘’Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.’’ Markus 15:37 Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.

Tentang Peristiwa Jumat Agung sendiri dari ayat yang telah dikisahkan dan diceritakan di atas, maka cukup jelas bagaimana runtutan terjadinya peristiwa penyaliban Yesus di hari yang bersejarah tersebut. Inti dari pengorbanan besar yang diberikan. Allah yaitu berkat kasih dan karunia Allah terhadap umat manusia yang menanggung banyak dosa supaya beroleh janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu hari ini adalah penanda penting yang harus diingat oleh semua orang Kristen. Karena pada hari inilah Yesus mengorbankan diriNya untuk menunjukkan cintaNya yang paling besar pada kita semua.

Dengan membiarkan diri kita mengenang Jumat Agung dan melakukan hal ini tiap tahunnya, maka diharapkan umat Kristen dapat mengenang Yesus dan memaknai pengorbanan tersebut seutuhnya. Sehingga dari peristiwa tersebut kita ketahui bahwa Allah sangat mengasihi kita dan ingin supaya manusia terbebas dari belenggu macam-macam dosa menurut Alkitab. Oleh sebab itu hendaknya kita sebagai orang percaya harus bisa terus berdoa untuk mengucap syukur atas pengorbanan Yesus yang besar tersebut.

Itulah informasi mengenai ayat alkitab tentang Jumat Agung yang sejatinya tidak pernah dituliskan di dalam Alkitab, tapi lebih ke arah tersirat dari berbagai petunjuk yang diberikan Tuhan. Perlu diketahui bahwa tujuan karunia Roh Kudus atau keinginan Tuhan lebih besar, oleh karenanya hal ini harus dijelaskan supaya penganut agama Kristen memahami peristiwa di balik Jumat Agung tersebut.

Sumber : https://tuhanyesus.org/ayat-alkitab-tentang-jumat-agung

Reporter : YRS

Editor     : LA_Unda

REDAKSI

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme