Memaksimalkan Pembelajaran melalui Sosialisasi Aplikasi Daring

  • 06 Januari 2021
  • YRS
  • 126

 

Sejumlah anak sekolah dasar warga Bratang Wetan IIIA RT 06 RW VIII sedang mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi daring untuk pembelajaran jarak jauh di halaman Balai RT, Senin (14/12/2020).

 

Akibat pandemi Covid-19 mewabah, Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim keluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Covid-19. Hal ini berimbas pada sistem pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas belajar dan mengajar dilakukan dengan jarak jauh secara daring dengan menggunakan media atau aplikasi pembelajaran online.

 

Banyak orang tua atau wali murid dan anak SD khususnya warga Bratang Wetan IIIA RT 06 RW VIII yang tidak siap sekaligus kebingungan bagaimana menggunakan aplikasi pembelajaran daring karena keterbatasan wawasan mengenai teknologi.

 

Agar proses belajar jarak jauh ini berjalan dengan baik dan lancar, salah satu warga yang juga Mahasiswi KKN Mandiri UNTAG Surabaya yang juga merupakan kelompok R-06 dibawah pengawasan Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melakukan sosialisasi secara individu kepada anak-anak sekolah dasar mengenai penggunaan aplikasi pembelajaran daring guna mempermudah dan menambah wawasan mereka mengenai bagaimana cara mengoperasikan aplikasi daring tersebut.

 

Melalui program kerja ini diharapkan meringankan beban orang tua sekaligus anak-anak SD yang menjalani proses belajar jarak jauh di masa pandemi ini.

 

Program kerja yang diusung yakni ''Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Anak SD di Bratang Wetan IIIA RT 06 RW VIII Surabaya'' Mengingat masih banyaknya anak-anak sekolah dasar terutama warga RT 06 RW VIII Bratang Wetan IIIA Surabaya yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan dan mengoperasikan aplikasi daring tersebut. Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai kemajuan teknologi serta meningkatkan pemahaman anak sekolah dasar mengenai media pembelajaran daring agar mereka lebih mandiri.

 

Serta diharapkan mereka tidak lagi bertanya kepada orang tua mengenai cara menggunakan aplikasi daring tersebut.

 

Bentuk sosialisasi yang diberikan yakni berupa pemahaman dengan membeberkan secara detail dan rinci mengenai apa itu aplikasi online bagaimana cara menggunakannya dan mengoperasikannya serta memberikan langkah-langkah mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi daring ketika akan melakukan pembelajaran jarak jauh atau kelas online.

 

Tak lupa memberikan praktek agar mereka lebih memahami dan lebih lancar dalam menggunakan aplikasi daring tersebut. Sebelum melaksanakan sosialisasi orang tua dari anak sekolah dasar ini diwajibkan untuk mengisi kuesioner sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan sosialisasi, guna mengetahui perubahan dan dampak apa yang sudah dicapai ketika sebelum mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sesudah mengikuti kegiatan sosialisasi.

 

‘’Kegiatan KKN yang dilakukan Mbak Layla ini sangat membantu orang tua seperti saya ini yang gagap teknologi, saya selalu kebingungan bagaimana pakai aplikasi yang disuruh pihak sekolah, Tapi setelah ada sosialisasi ini anak saya jadi lebih paham dan sangat lancar menggunakan aplikasi belajar online, udah gak tanya-tanya saya lagi jadi saya cuma ngawasi aja.’’ tutur salah satu orang tua anak SD yang mengikuti sosialisasi.

 

Melalui sosialisasi ini diharapkan materi yang disampaikan guru melalui media daring dapat lebih diserap dengan baik dan optimal. (RA)

 

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

 

 

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4979
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5025