Mencegah Jerawat karena Sering menggunakan Masker

  • 27 Agustus 2021
  • YRS
  • 689

Penggunaan masker merupakan upaya pencegahan agar tidak tertular virus Covid-19. Namun terlalu sering menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama, ternyata menyebabkan berbagai permasalahan kulit, salah satunya jerawat.

 

Jerawat yang muncul akbiat keseringan menggunakan masker yaitu maskne. Menurut dr Susie Rendra, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah, jerawat maskne muncul di area sekitar mulut yang tertutup masker.

 

‘’Bentuknya bisa sama dengan jerawat yang lain, dapat berupa jerawat radang, jerawat komedo, muncul kemerahan, hingga bernanah itu bisa terjadi pada jerawat maskne,’’ jelas Dokter Susie Rendra dalam sesi diskusi jarak jauh, Kamis (26/8/2021).

 

Hal tersebut banyak terjadi pada beberapa orang. Terlebih ketika menggunakan masker juga sering berbicara. Penyebab jerawat muncul dapat disebabkan karena kurangnya udara yang masuk saat area bagian mulut tertutup masker.

 

‘’Semakin banyak kita berbicara, udara yang dikeluarkan saat berbicara itu semakin banyak. Jadi muka terasa semakin pengap,’’ imbuh Dokter yang saat ini praktik di Skin & Aesthetic Clinic Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan tersebut.

 

Terkait cara mencegah serta mengobati jerawat yang muncul, Dokter Susie mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Kerena setiap individu memiliki penyebab yang berbeda-beda.  Mengganti masker setiap 3 hingga 4 jam sekali juga perlu dilakukan. sebab dalam waktu tersebut bagian dalam masker telah dipenuhi oleh uap air.

 

‘’Sebelum mengganti masker juga harus mencuci muka. Tujuannya untuk mengurangi keringat dan kulit mati yang menumpuk selama pemakaian masker. Penggunaan make-up berlebihan juga sebaiknya dihindari,’’ tuturnya.

 

sumber : healt.detik.com

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5805
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5857