Mengenal Khasiat Daun Sambiloto Sebagai Anti Hipertensi

  • 25 November 2022
  • 524

Sambiloto memiliki nama tumbuhan Andrographis Paniculata (Burm.F), Nees atau Justicia Paniculata. Tanaman tersebut tumbuh dengan baik di Indonesia dan tersebar di seluruh pulau Jawa, Madura, dan Bawean.

 

Khasiat daun sambiloto menyimpan kandungan keton, alkana, aldehida, kalium, natrium, kalsium, pasir asam, dan resin. Tidak heran jika banyak digunakan dalam pengobatan tradisional, termasuk minuman jamu tradisional Indonesia.

 

Dikutip dari ners.unair.ac.id berikut beberapa khasiat daun sambiloto untuk kesehatan:

  1. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, dan juga mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, sambiloto juga berpotensi menimbulkan efek samping yang berbahaya, yaitu hipoglikemia (darah rendah).

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Daun sambiloto juga diketahui bermanfaat dalam meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Ramuan herbal ini dapat meningkatkan dan merangsang aktivitas sel darah putih, yang dapat lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, jamu sambiloto juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan keefektifan tanaman ini sebagai obat kanker.

 

Jika mengkonsumsi daun sambiloto dalam dosis yang tepat dan untuk waktu yang singkat, umumnya tidak berbahaya. Tetapi pahit tetap dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti diare, muntah, sakit kepala, kelelahan, kehilangan nafsu makan dan reaksi alergi.

 

Mengkonsumsi daun sambiloto dosis tinggi atau berkepanjangan juga membawa risiko efek samping yang berbahaya seperti kerusakan hati.

 

Selain itu, tanaman herbal ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui, serta penderita penyakit tertentu seperti tekanan darah rendah, penyakit autoimun atau kelainan darah.

 

Sambiloto juga tidak dianjurkan untuk diminum dengan obat karena dapat berinteraksi dengan obat lain.

 

Agar aman saat mengkonsumsi daun sambiloto, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, terutama jika ingin menggunakan tanaman herbal ini untuk pengobatan. (Nabila)

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id