Mengenal Metode Melahirkan ERACS

  • 03 Desember 2021
  • AR
  • 729

ERACS, adalah metode melahirkan yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di Indonesia. Banyak Ibu yang mulai speak up tentang metode melahirkan yang di-klaim bahwa proses pemulihan pasca melahirkan lebih cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ditambah lagi deretan artis papan atas mulai banyak menggunakan metode melahirkan ini.

 

Melahirkan dengan metode normal maupun caesar merupakan kata yang sudah tidak asing lagi di telinga. Ibu dengan bebas memilih metode mana yang hendak digunakan, namun juga terdapat faktor lain yang mengharuskan sang Ibu menggunakan metode melahirkan tertentu.

 

Dikutip melalui CNNIndonesia, metode ERACS adalah singkatan dari Enhanced Recovery after Caesarean Surgery atau percepatan pemulihan setelah operasi Caesar. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Zeissa Rectifa Wismayanti menjelaskan metode persalinan ERACS adalah proses melahirkan yang diterapkan dalam tindakan operasi Caesar dengan tujuan mempersingkat masa perawatan pasien pascaoperasi.

 

Selain itu, metode ERACS menggunakan alat ukuran kecil yang tajam. Alat ini membuat kerusakan jaringan lebih kecil. Selain itu, juga lebih minim rasa nyeri yang dirasakan oleh ibu.

 

"Setiap proses melahirkan atau operasi apapun pasti menimbulkan rasa nyeri pada pasien yang menjalankannya. Tapi melalui ERACS ini, proses operasi lebih minim rasa nyeri," kata Zeissa dalam webinar Metode Pemulihan Cepat pada Persalinan, pada Oktober lalu.

 

Zeissa mengatakan ibu yang melahirkan dengan metode ERACS bisa melakukan kegiatan dan merawat bayi lebih cepat. Misalnya, berjalan ke kamar mandi, menyusui, hingga duduk nyaman tanpa kesakitan karena banyak bergerak. Masalah-masalah ini biasanya kerap muncul setelah operasi Caesar biasa.

 

"Seperti tidak beda dengan melahirkan pervaginam yang membuat para ibu lebih mudah dan cepat bergerak bebas," kata Zeissa.

 

Kepercayaan masyarakat semakin bertambah saat salah satu artis papan atas, Nagita Slavina menjalani proses melahirkan anak keduanya dengan metode ERACS pada Jumat (26/11). Hal tersebut terbukti setelah dua hari melakukan operasi, Nagita diperbolehkan pulang ke rumah. Nagita juga tampak bisa berjalan dan beraktivitas seperti biasa bahkan dirinya menjalani syuting secara live saat mengumumkan nama anak keduanya di kediamannya.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis