Mengenal Spinal Cord Injury

  • 17 Desember 2021
  • AR
  • 632

Masyarakat Indonesia tengah di gemparkan tentang kematian seorang selebritis instagram bernama Edelenyi Laura Anna pada Rabu, 15 Desember 2021. Wanita yang kerap dipanggil Laura ini mengalami spinal cord injury (SCI) usai kecelakaan bersama mantan kekasihnya tahun 2019 lalu.

 

Spinal cord injury merupakan kerusakan yang terjadi pada sumsum tulang belakang dan ini termasuk jenis trauma fisik serius yang cenderung memiliki dampak permanen dan signifikan pada sebagian besar aspek kehidupan sehari-hari.

 

Sumsum tulang belakang adalah kumpulan saraf dan jaringan lain yang dilindungi oleh tulang belakang. Vertebra adalah tulang yang ditumpuk satu sama lain yang membentuk tulang belakang. Tulang belakang mengandung banyak saraf, dan memanjang dari dasar otak ke belakang, dan berakhir di dekat bokong.

 

Sumsum tulang belakang bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh. Ini juga berguna mengirimkan pesan dari tubuh ke otak. Kita dapat merasakan rasa sakit dan menggerakkan anggota tubuh karena pesan yang dikirim melalui sumsum tulang belakang.

 

Jika sumsum tulang belakang mengalami cedera, beberapa atau semua impuls ini mungkin akan terganggu. Hasilnya adalah hilangnya sensasi dan mobilitas total. Kondisi spinal cord injury yang lebih dekat ke leher biasanya akan menyebabkan kelumpuhan di seluruh bagian tubuh yang lebih besar daripada di daerah punggung bawah.

 

Berikut beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh SCI.

- Kehilangan gerakan

- Kehilangan sensasi, termasuk kemampuan untuk merasakan panas, dingin, dan sentuhan

- Kehilangan kontrol usus atau kandung kemih

- Aktivitas refleks yang berlebihan atau kejang

- Perubahan fungsi seksual, sensitivitas seksual dan kesuburan

- Rasa sakit atau sensasi menyengat yang disebabkan oleh kerusakan pada serabut saraf di sumsum tulang belakang

- Kesulitan bernapas, batuk, atau mengeluarkan sekret pada paru-paru


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis