Mulai Sekarang Microsoft Hentikan Dukungan Windows 7

  • 16 Januari 2020
  • MKM
  • 31

Microsoft resmi hentikan dukungan terhadap Windows 7 pada Selasa (14/1). Dengan itu, pihak Microsoft akan berhenti menyediakan pembaruan ataupun tambahan keamanan untuk sistem operasi yang rilis tahun 2009 ini.

 

Windows 7 adalah salah satu OS Microsoft yang bisa dibilang paling bagus. Kehadirannya menggantikan Windows Vista yang mendapat banyak kritikan. Windows 7 dirilis pada 22 Juli 2009 sebagai bagian dari keluarga Windows NT. Posisi Windows 7 terbilang beruntung karena diapit oleh dua sistem operasi yang mendapat banyak kritikan jelek. Dua sistem operasi itu adalah Windows Vista yang performanya buruk dan Windows 8, yang lagi – lagi mendapat banyak kritikan jelek.

 

Salah satu pujian yang dialamatkan untuk Windows 7 adalah tampilan antarmuka yang lebih bagus dari Windows Vista, terlihat jauh lebih modern, dan lebih ramah pengguna, demikian dikutip detikINET dari Tech Radar, Selasa (14/1).

 

Sementara itu, pihak perusahaan mengimbau pengguna untuk meningkatkan sistem operasi ke Windows 10 seharga US$139 atau membeli perangkat baru yang menjalankan Windows 10 jika komputer mereka lebih dari tiga tahun.

 

‘’Pengguna Windows 7 masih dapat menggunakan komputer mereka setelah hari ini. Tetapi Microsoft memperingatkan mereka akan berada pada risiko yang lebih besar untuk virus dan malware,’’ demikian pengumuman Microsoft.

 

Seperti pembuat sistem operasi lain, Microsoft secara teratur mengakhiri dukungan untuk perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman. Ia berhenti mendukung Windows 8 pada 2016 dan Windows XP pada 2014.

 

Windows 10 diluncurkan pada 2015 dan menyertakan beberapa pembaruan untuk Windows 8, meski sebagian besar mendapat ejekan. Hal itu termasuk perubahan tampilan, kemampuan untuk menggunakan asisten suara Cortana dan peningkatan fitur keamanan.

 

Sumber :

M.KHOIRUL M.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT