Peluang dan Tantangan Mahasiswa Teknik Industri Menghadapi Industri 4.0 pada Era Pandemi Covid-19

  • 17 Juli 2020
  • YRS
  • 226

Teknik Industri Untag Surabaya adakan Webinar 2.0 bertajuk "Peluang dan Tantangan Mahasiswa Teknik Industri Menghadapi Industri 4.0 pada Era Pandemi Covid-19". Webinar berlangsung pada Sabtu, 4 Juli 2020 melalui platform Zoom dan Youtube.

 

Pandemi Covid-19 yang saat ini dialami masyarakat di seluruh belahan dunia telah menjadi ancaman serius terhadap berbagai aspek kehidupan. Terkait hal tersebut, Kaprodi Teknik Industri Untag Surabaya, Heri Murnawan, S.T., M.T., mengatakan bahwa mahasiswa harus mampu mengeksplorasi  potensi diri.

 

''Menanggapi kondisi di tengah pandemi Covid-19 dan telah banyak dunia industri dalam keadaan stagnan, maka mahasiswa teknik Industri dituntut untuk dapat beradaptasi, memiliki kreatifitas serta sangup mengeksplor kemampuanya. Hal ini tentunya sangat penting dalam dunia Industri,'' ujar Heri.

 

Sejalan dengan apa yang dipaparkan Kaprodi Teknik Industri Untag Surabaya tersebut, Is Pranata, ST., M.M., yang merupakan Profesional Perbankan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, menambahkan bahwa saat ini yang benar-benar dicari dalam dunia kerja adalah mereka yang memiliki kesiapan dan ketahanan untuk beradaptasi dengan situasi atau kondisi yang ada.

 

''Dalam dunia kerja, keadaan seperti apa pun kita semua harus siap. Artinya siapa yang dapat bertahan, itulah yang mampu beradaptasi. Karena yang dibutuhkan saat ini adalah ketahanan mental dan kemampuan beradaptasi terhadap segala perubahan,'' kata Is Pranata.

 

Sementara itu Direktur Utama PT. Bintang Api Technic, Ridwan, S.T., juga turut hadir sebagai pembicara dalam webinar tersebut. Ridwan yang membahas mengenai kiat-kiat sukses sarjana Teknik Industri, menyebutkan bahwa seseorang dapat mengartikan sukses dengan berbagai macam, tergantung tujuan yang dimaksud seperti apa.

 

''Arti sukes adalah tercapainya sebuah tujuan yang diharapkan, sedangkan tujuan masing-masing individu itu berbeda-beda. Untuk mencapai kesuksesan, modal utama adalah niat dan tujuan. Jika kita menginginkan hasil yang maksimal, maka niatnya harus kuat dan tujuannya harus jelas,'' ungkap Ridwan.

 

Narasumber berikutnya yaitu merupakan HR Busness Partner PT. ECCO Indonesia, Jarotd Hermansyah, S.Psi., M.Psi. Dalam pemaparan materinya, Djarotd mengatakan dunia industri membutuhkan orang-orang yang proaktif dan dan responsif.

 

''Ekspektasi para stakeholder menginginkan lulusan Teknik Industri yang proaktif, cepat tanggap dan responsif. Artinya lulusan Teknik industri tidak boleh hanya menunggu bola saja, namun harus mampu menjemput bola,'' ungkap alumni Magister Psikologi Untag Surabaya itu.

 

Webinar terebut dimoderatori oleh Wiwin Widiasih, S.T., M.T., yang juga merupakan dosen Teknik Industri Untag Surabaya.

 

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4875
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4919