Pemanfaatan Aplikasi Gamers untuk Video Materi Pembelajaran

  • 14 Oktober 2020
  • redaksi
  • 62

OBS Studio merupakan aplikasi video recording dan live streaming yang umumnya digunakan Youtubers Gamers. Aplikasi ini gratis dan open source artinya ini bebas di download dan bisa digunakan. 


Bagi seorang pengajar tentunya sudah tidak asing lagi dengan file Powerpoint. File Powerpoint digunakan sebagai bahan presentasi materi yang disampaikan kepada setiap siswa. Biasanya, materi pembelajaran dalam bentuk file Powerpoint, ditampilkan dengan menggunakan projector, sehingga berdasarkan tampilan pada projector tersebut, Anda dapat menerangkan halaman demi halaman. 


Akan tetapi, pada saat ini dengan kebijakan pemerintah dalam menyikapi pandemi Covid 19 pembelajaran secara tatap muka langsung, dihentikan untuk sementara waktu. Karena itu, mau tidak mau para pengajar diharuskan untuk memberikan pembelajaran secara online.


Pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) dapat dilakukan secara real time dan dapat pula dilakukan dengan tidak real time. Pembelajaran online secara real time, biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi vcon seperti Zoom dan Webex.


Online secara tidak real time dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi tertentu, seperti LMS (Learning Management System), website, ataupun Youtube. Pembelajaran tidak real time biasanya diberikan dalam bentuk file materi pembelajaran (dokumen, audio ataupun video) yang disematkan aplikasi LMS, website, ataupun Youtube.


Seperti diungkapkan di atas, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah dalam bentuk file video. Permasalahan yang saat ini mendera para pengajar adalah bagaimanakah cara membuat video pembelajaran yang mudah, sehingga dapat menjadi bahan ajar dalam bentuk rekaman audio visual. Adalah aplikasi OBS Studio yang dapat mempermudah pembuatan materi video pembelajaran.


OBS Studio merupakan aplikasi video recording dan live streaming yang gratis serta open source. Gratis artinya aplikasi ini bebas di download dan digunakan. Open source artinya aplikasi ini dilengkapi dengan source code-nya sehingga kita dapat berkontribusi untuk melakukan pengembangan.


Keunggulan OBS adalah:


1.    Performa yang baik melakukan capture dan mixing video atau audio secara real time. Membuat scenes yang terdiri dari banyak sumber termasuk capture window, images, text, browser windows, webcam, capture card dan lain lain.
2.    Jumlah scene yang tidak dibatasi dan dapat dialihkan dari satu scene ke scene yang lain dengan mulus menggunakan transisi khusus.
3.    Audio mixer yang dapat menfilter suara seperti noise gate, noise suppression, dan gain. Dan dapat mengendalikan secara penuh dengan dukungan plugin VST.
4.  Opsi konfigurasi yang powerful dan mudah digunakan. Menambah Sources baru, menduplikasi yang sudah ada, dan mengatur propertiesnya dengan mudah.
 
5.    Panel Pengaturan yang Efisien memberi Anda akses ke beragam opsi konfigurasi untuk mengubah setiap aspek siaran (broadcast) atau rekaman Anda.
6.    UI ‘Dock’ modular memungkinkan Anda mengatur ulang tata letak persis seperti yang Anda inginkan. Anda bahkan dapat mengeluarkan setiap Dock individual ke jendelanya sendiri. (ra)


(Sumber : disdikkbb)

 

Ini merupakan salah satu contoh video pembelajaran yang dibuat menggunakan OBS studio: https://www.youtube.com/watch?v=gZHpgjl4n3c 
 

REDAKSI

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT