Program Jatim Cerdas Diharapkan Mampu Tingkatkan Indek Pembangunan Manusia

  • 30 Maret 2020
  • YRS
  • 71

 

Khofifah menyatakan seluruh jajaran dinas pendidikan diminta untuk mempercepat lelang barang dan jasa di bidang pendidikan. Hal itu diharapkan supaya proses belajar mengajar berlangsung dengan lancar dan baik pada tahun 2020.

 

Gubernur Jawa Timur tersebut menuturkan, bahwa pemerintah provinsi setempat memberikan porsi hingga 30 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada Tahun 2020 untuk pengembangan di sektor pendidikan. ‘’Dari total APBD Jatim Rp 35,1 trilliun, sebesar 30 persen dialokasikan khusus untuk sektor pendidikan,’’ tutur Khofifaf, (13/1/20).

 

Pendidikan merupakan ujung tombak yang mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas di Jawa Timur. Orang nomor satu Jawa Timur tersebut meminta supaya tahun 2020 seluruh jajaran dinas pendidikan bergegas, sehingga lelang barang dan jasa di bidang pendidikan dapat dilakukan dan proses belajar mengajar berlangsung lancar.

 

Selain itu Khofifah mengatakan bahwa kelengkapan kebutuhan pendidikan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi diharapkan dapat segera dilakukan lelang untuk memenuhi serta menjamin kelancaran proses belajar mengajar. Menurutnya saat ini kebutuhan pendidikan, khususnya untuk SMA dan SMK, telah teranggarkan pada APBD, terutama lewat program pendidikan gratis berkualitas.

 

Dengan dukungan anggaran cukup besar, Khofifah berharap kualitas pendidikan di Jatim semakin meningkat selaras dengan program Jatim Cerdas. ‘’Selain itu kami juga berharap dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di wilayah Jawa Timur. Pemprov Jatim telah menyiapkan action plan yaitu penguatan revitalisasi SMK,’’ tuturnya.

 

Pada 2020, terdapat 157 SMK yang mengampu sekitar 785 SMK sesuai jurusan relevan dan fokus pada pelaksanaan fungsi yang telah difasilitasi sejak 2019. Tidak hanya itu, Pemprov Jatim terus memperkuat konsep SMA dan MA, di antaranya dengan pengembangan dan monitoring karier alumni, pembinaan kewirausahaan melalui usaha sekolah daring.

 

Terlebih saat ini melalui website ruangkarir.net Khofifafh sedang menyiapkan wadah bertemunya jaringan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan calon tenaga kerja yang berpotensi.

 

Sumber : https://surabaya.liputan6.com/read/4155123/khofifah-pendidikan-ujung-tombak-cetak-sdm-berkualitas-di-jawa-timur

 

 

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4801
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4847