Psikologi Untag Gelar Workshop Sitasi, Mendeley dan Wawasan Pengetahuan Multicultular

  • 17 Maret 2020
  • YRS
  • 95

Fakultas Psikologi Untag Surabaya gelar Workshop Sitasi, Mendeley, dan Wawasan Pengetahuan Multicultular di, Gedung Pascasarjana lantai 1, Kamis (12/3/20). Kegiatan bertujuan memperluas wawasan dan skill dalam menyusun dan mempublikasikan karya ilmiah.

 

Sitasi dalam penulisan karya ilmiah merupakan hal yang sangat penting. Sitasi merupakan referensi yang ditulis pada suatu karya tertentu baik berupa buku, artikel, disertasi, laporan dan lain sebagainya yang dihasilkan oleh pengarang atau editor yang secara detail menunjukkan dokumen karya tersebut. Workshop ini diarahkan menggunakan aplikasi Mendeley.

 

Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya, menyampaikan bahwa workshop sangat bermanfaat bagi yang akan menyusun atau mempublikasi karya ilmiah.

 

‘’Pemateri mengarahkan bagaimana cara sitasi karya ilmiah kepada mahasiswa atau calon lulusan Psikologi Untag Surabaya, baik ketika menyusun atau mempublikasikan karya-karyanya,’’ papar Suroso.

 

Workshop sitasi tersebut diarahkan menggunakan Mendeley, yang merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux. Versi terbaru dari Mendeley bahkan juga telah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel.

 

Sementara itu, Pemateri Suhadianto, M.Psi., Psikolog menjelaskan apa saja manfaat sitasi dan Mendeley, salah satunya adalah karya ilmiah mudah ditemukan jika mahasiswa memiliki research gate.

 

‘’Mahasiswa yang akan mempublikasikan karya ilmiah minimal harus memiliki research gate. Tujuannya supaya karya ilmiah tersebut mudah ditemukan orang yang mencarinya,’’ jelas Suhadianto

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4778
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4823