Sambut Bulan Ramadhan dengan Keimanan dan Ketaqwaan

  • 30 Mei 2016
  • 5336

Khotib dan imam sholat jum’at (27/5/2016) Masjid Baitul Fikri UNTAG Surabaya, Prof. Dr. Faisal Haq, M. Ag mengajak seluruh jama’ah untuk bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberikan iman, kesehatan, dan kesempatan melaksanakan sholat jum’at.

“Sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang mempunyai banyak keistimewaan diantaranya waktu diturunkannya Al-Qur’an. Bulan Ramadhan merupakan  petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan Al-Qur’an, AllahSWT memperlihatkan kepada manusia tentang kebenaran (al-haq) dari kebatilan,” kata Prof. Faisal diawal kutbahnya.

Keistimewaan lain di bulan Ramadhan, ungkap Prof. Faisal, adalah bulan yang penuh berkah dimana seorang muslim berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

“Rajinlah beribadah karena ada malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam lailatul qodar. Sesuai Firman-Nya dalam QS. Al-Qadar: 1-3 yang artinya ‘Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan,” jelasnya.

Di dalam bulan Ramadhan umat muslim tidak hanya sekedar menahan haus, lapar, tetapi juga belajar mengendalikan sifat-sifat yang dilarang oleh Sang Pencipta, seperti marah, bergosip, sedih, kecewa, sedih hati dan sifat tercela lainnya.

“Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat Islam mencapai ketaqwaan,” tambah Prof. Faisal.

Prof. Faisal juga menjelaskan, barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah (biji atom), niscaya dia akan menerima (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah (biji atom) pun, niscaya dia akan menerima (balasan)nya.

“Kebaikan akan menghapus dosa-dosa. Semoga kita diberikan umur panjang dan amal kita diterima Allah SWT,” tutupnya.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id