Sekolah Inklusi Kembangkan Potensi Anak Berkebutuhan Khusus

  • 09 Februari 2022
  • 335

Memiliki keterbatasan bukan berarti tak memiliki potensi. Setiap anak berkebutuhan khusus sejatinya memiliki potensi yang berbeda-beda dengan cara pengasahan yang tak biasa. Sekolah inklusi menjadi pilihan orang tua untuk mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus.

 

Dalam memilih sekolah inklusi orang tua perlu memahami dan memperhatikan nilai-nilai utama dari sekolah inklusi itu sendiri. Adanya perayaan keberagaman dan keunikan setiap anak menjadi salah satu aspek terpenting dalam sekolah inklusi.

 

Fokus prestasi utama pada sekolah inklusi adalah pada pengembangan diri anak. Salah satu guru pendidikan khusus di Pendidikan Inklusi Cikal, berpendapat bahwa orang tua dapat melihat dan memahami terlebih dahulu nilai-nilai sekolah yang akan dipilih bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.

 

Dilansir dari Kompas.com menjelaskan di Pendidikan Inklusi Cikal, setiap anak akan memiliki Invidualised Education Programme (EIP) atau program pengembangan individu bagi setiap anak berkebutuhan khusus yang merefleksikan 3 nilai sekolah inklusi yakni presensi, partisipasi, dan prestasi.

 

Bagi sekolah inklusi, nilai-nilai yang utama dan tujuan sekolah bukanlah pada hasil belajar siswa, melainkan berfokus pada perubahan perilaku anak sesuai dengan hasil pengembangan diri anak. (Vania)


 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id