Seminar Webinar Membuat Konten Kreatif SPADA melalui Platform Elitag

  • 13 April 2020
  • YRS
  • 76

Direktorat Sistem Informasi – Yayasan perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya dan Untag Surabaya menggelar Seminar Online bertema Mudah Membuat Konten kreatif SPADA dengan Platform Elitag, (11-12/4/20). Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., hadir sebagai Keynote Speaker pada kegiatan tersebut.

 

Wakil Rektor 1 Untag Surabaya, Dr. IGN Anom Maruta, M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa Platform Elitag merupakan media pembelajaran daring (dalam jaringan) yang sesuai pada situasi kekhawatiran terhadap Covid-19 saat ini. Ia berharap seluruh tenaga pendidik dapat semaksimal mungkin melayani mahasiswa dan mempertahankan identitasnya sebagai abdi Negara yang mencerdaskan Bangsa.

 

‘’Platform Elitag hadir sebagai solusi terbaik mengadapi Covid-19. Musibah ini telah memberi banyak hikmah, di mana yang awalnya hanya beberapa mata kuliah saja yang menerapkan daring, namun sekarang semua mata kuliah menggunakan sistem daring. Semoga kita semua dapat satu visi dan sepemahaman demi mencerdaskan bangsa,’’ ujar Anom.

 

SPADA sendiri merupakan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan, yang mana program tersebut saat ini telah banyak diterapkan di berbagai Perguruan Tinggi. Keynote Speaker Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., terkait hal ini menyebutkan saat ini lebih dari 51 Perguruan Tinggi telah menggunakan sistem tersebut.

 

‘’Ada lebih dari 51 Perguruan Tinggi telah menerapkan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan. Maka dari itu, platform Elitag harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, salah satunya yaitu membuat konten kreatif supaya mahasiswa yang sebagian besar adalah generasi milenial tidak mudah jenuh terhadap materi yang kita berikan,’’ ujar Kaprodi Magister Teknologi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya tersebut.

 

Lebih lanjut Endang menambahkan beberapa trik untuk membuat konten kreatif dan menarik. Menurutnya sebuah konten harus orisinil, tidak asal mengklaim konten milik orang lain, konten harus dapat menjadi solusi yang memecahkan permasalahan. Tidak hanya itu, menentukan Judul atau headline yang tepat juga merupakan bagian terpenting.

 

‘’Generasi milenial merupakan generasi yang serba instan dan tidak bisa jauh dari gadget. Mereka dengan mudah akan mendapatkan sebuah informasi. Oleh karena itu konten yang orisinil dan solutif dengan judul menarik pasti akan jauh lebih diminati,’’ imbuh dosen yang telah menciptakan sebanyak 12 buku tersebut.

 

Adapun Konten Kreator dalam kegiatan tersebut merupakan tenaga ahli dari Direktorat Sistem Informasi, diantaranya Direktur Sistem Informasi Supangat, M.Kom., ITIL., Cobit., M. Bagus Setyo B, S,Kom., M.Kom., Ika Lestari, S.Kom., MOS., MTA., dan dimoderatori oleh Humas Untag Surabaya, Karolin Rista, S.Psi., M.Psi.

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 4926
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 4853
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 4822