Strategi Digital Market bagi pelaku UMKM

  • 16 Desember 2019
  • YRS
  • 65

KKN Non Reguler Untag Surabaya Kelompok 4 adakan Sosialisasi Strategi Market Digital bagi pelaku usaha UMKM Desa Mulyodadi, di Balai Desa Wonodadi, Sidoarjo (23/11). Kegiatan bertujuan memberikan wawasan terkait Strategi pemasaran yang telah memasuki era Digital.

Digital market mulai menarik beberapa pelaku bisnis, dan salah satunya yaitu pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Media sosial di era digital saat ini, sangat membantu bagi pengusaha yang merintis usahanya. Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangat penting, karena dapat memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara, maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya.

Dio, sebagai pemateri Strategi Market Digital menjelaskan bahwa di era digital, perkembangan sangat pesat, telah banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya ke dalam online market, sehingga lebih memudahkan dalam pemasaran produk pelaku usaha.

‘’Pelaku UMKM harus berlomba berinovasi dalam pemasaran produk usaha, sehingga dapat mengikuti perkembangan jaman era digital. Pelaku usaha bisa memposting produknya kedalam Facebook dan juga harus bisa menyita perhatian pembeli online tersebut. yang harus diperhatikan adalah gambar produk yang diposting dan keyword supaya lebih memudahkan pencarian,’’ tutur Dio.

Bukan suatu hal baru, bahwa perkembangan teknologi saat ini telah banyak memudahkan bagi pelaku usaha, untuk melakukan terobosan dan inovasi. Saat ini telah banyak aplikasi belanja online yang merupakan terobosan dalam dunia usaha khususnya UMKM. Orang dapat mudah memposting suatu produk ke dalam aplikasi belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll.

Selain itu, Rosita, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga menjelaskan bagaimana dengan adanya aplikasi belanja online, pembeli lebih dimudahkan dalam membeli suatu produk. Terakhir Rosita menyampaikan harapan ke depan setelah diadakan sosialisasi strategi market digital tersebut.

‘’Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah khususnya warga Desa Mulyodadi untuk memulai suatu usaha dengan perkembangan era digital yang semakin mudah,’’ ucap Rosita

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4765
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4814