Tegakkan Protokol Kesehatan di Tempat Tinggal melalui KKN Untag Surabaya

  • 13 Januari 2021
  • YRS
  • 107

Selama masa PSBB transisi kegiatan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak) terus dilakukan di Kota Luwuk Banggai Sulawesi Tengah, khususnya di Kelurahan Soho. Termasuk pemberian sanksi sosial kepada pelanggar protokol kesehatan dan mengabaikan segenap himbaun pemerintah.

 

Doni Rahmat, Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 yang berdomisili di kawasasan tersebut ikut serta membantu dalam upaya pencegahan Covid-19 untuk mewujudkan perilaku hidup sehat dan bersih lewat kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ).

 

Di masa pandemi ini, mahasiswa Untag Surabaya melaksanakan KKN di lingkungan tempat tinggalnya. Untuk mencegah peningkatan tersebarnya virus Covid-19, sebagian besar kegiatan KKN dilakukan secara daring serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Kegiatan KKN yang dilakukan selama 12 hari mulai bulan November 2020 tersebut berlangsung dengan lancar, baik dari segi persiapan maupun saat pelaksanaan dihari H pelaksanaan Kegiatan KKN dimulai. Warga setempat berharap dengan adanya kegiatan positif seperti ini bisa sangat membantu mereka dalam menghadapi dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

 

Doni mengatakan, semua orang bisa saja terjangkit Covid-19 terutama jika tidak mematuhi aturan protokol kesehatan.

 

‘’Saya sepenuhnya peduli dengan diri saya dan orang lain, oleh karena itu saya melakukan kegiatan ini yaitu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat yang dimulai dari sekitar kita dan menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan serta menerapkan program 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak ) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,’’ ujarnya.

 

Kegiatan yang dilakukan Doni antara lain membeli dan menyiapkan Hand Sanitizer, mencetak Banner dan Pamflet, menghimbau penggunaan masker kain untuk dicuci kembali jika sudah lama dipakai, menyiapkan  sabun cuci tangan yang nantinya dibagikan kepada warga, serta mensosialisasikan cara hidup sehat dan bersih.

 

Semua kegiatan ini bertujuan mengingatkan serta memberikan informasi kepada penduduk RT 33 / RW 14 di kelurahan Soho mengenai pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari virus di era New Normal.

 

Dengan diarahkan oleh Karno selaku Ketua RT setempat dan diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Amalia Nurul Muthmainnah, S.I.Kom., MA, program kerja selama 12 hari tersebut berjalan dengan lancar.

 

‘’Kalau bisa diadakan lagi kegiatan seperti ini. Karena kegiatan positif seperti inilah yang akan bermanfaat dan mengajarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi aturan protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat sampai daerah.’’ ujar Karno.

 

Tidak sampai disitu saja, Doni bersama Karno memasang Banner yang berukuran 60cm x 300cm di depan kelurahan Soho Kelurahan Luwuk Banggai Sulawesi Tengah diharapkan pemasangan Banner tersebut dapat mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan dimana saja berada. (RA)

                               

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

 

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4978
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5025