Webinar Stadium General Prodi Teknik Industri Untag Surabaya

  • 26 Juni 2020
  • YRS
  • 26

 

Program Studi Teknik Industri Untag Surabaya adakan kuliah tamu Stadium General dengan menghadirkan 2 narasumber yang kompeten pada bidangnya. Kegiatan tersebut dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube, Sabtu 20/06/20.

 

Narasumber pertama diisi oleh Ir. Bambang Soendjaswono, MT., yang merupakan CEO PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), dengan pemaparan materi terkait peluang dan tantangan sarjana Teknik Industri pada Industri Kemaritiman. Menurutnya ada 3 tantangan professional Teknik Industri, diantaranya keahlian, pengakuan dan mind set.

 

‘’Keahlian merupakan ilmu yang relevan dengan kebutuhan, kemampuan praktek dan kemampuan berkomunikasi. Sedangkan pengakuan yang dimaksud adalah pengakuan dalam hal tenaga profesional. Yang terakhir mind set, yaitu cara pandang tentang persaingan yang akan dihadapi, baik di skala nasional maupun global’’ ujar Bambang.

 

Selain itu, Bambang juga menjelaskan terkait prediksi dari World Economic Forum. Melalui prediksi pada tahun 2016 tersebut, bisa ditarik kesimpulkan bahwa terdapat 10 skill utama yang paling dibutuhkan dan harus dimiliki oleh seseorang supaya siap menghadapi dunia kerja di tahun 2020.

 

‘’Tahun 2020 ini diprediksi ada beberapa skill yang sangat dibutuhkan, diantaranya adalah berpikir secara kritis, kreativitas yang dapat ditonjolkan, kemamuan dalam manajemen Sumber Daya Manusia, penilaian, pengambilan keputusan, orientasi melayani, fleksibilitas kognitif dan negosiasi’’, imbuh alumni Institut Teknologi Bandung tersebut.

 

Berkembangnya arus informasi saat ini membuat iklim ketenagakerjaan semakin dinamis. Oleh karena itu, Manager HRD PT. Yuri Indo Apparel, Aidah Puspitasari, ST., yang juga sebagai narasumber pada kegiatan kuliah tamu kali ini menyebutkan bahwa, tenaga kerja Indonesia harus dapat meningkatkan kualitas diri supaya dapat bersaing.

 

‘’Selain keterampilan dan pengetahuan, attitude atau sikap seseorang juga sangat dipertimbangkan dalam dunia kerja. Hal ini tentunya supaya mereka siap untuk bekerja secara professional. Terkait hal itu, maka pembekalan mahasiswa semester 6 ke atas yang akan memasuki dunia kerja menjadi sangat penting untuk dilakukan,’’ kata alumni Teknik Industri Untag Surabaya tahun 2013 tesebut.

 

 

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4827
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 4870