Wujud Penerapan Merdeka Belajar Untag Surabaya

  • 17 Desember 2020
  • YRS
  • 135

Merdeka Belajar merupakan perwujudan kebijakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kampus Merdeka, yang saat ini telah diterapkan di beberapa Perguruan Tinggi, salah satunya di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.


Sebagai wujud penerapan Merdeka Belajar, Untag Surabaya melalui Direktorat Sistem Informasi bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia menggelar kelas webinar Social Media Analytics yang diikuti oleh mahasiswa lintas Program Studi, diantaranya Ilmu Komunikasi, Ekonomi Manajemen dan Teknik Informatika, Sabtu 12/12/2020.


Direktur Sistem Informasi YPTA Surabaya, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT dalam sambutannya memaparkan, Merdeka belajar akan meningkatkan serta memperluas wawasan mahasiswa. Ada banyak informasi relevan yang dapat digali pada kelas webinar Social Media Analytics yang disampaikan oleh pakar Data Science, Dhomas Hatta Fudholi. S.T., M.Eng., Ph.D.


''Dalam webinar ini ada banyak materi penting yang disampaikan, yaitu terkait analisa sosial media, baik dalam aspek deskriptif, aspek prediktif, diagnostik dan perspektif. Tentunya hal itu sangat menarik untuk dipelajari bersama-sama,'' ujar Dosen Program Studi Informatika tersebut.


Pria yang saat itu bertindak sebagai Moderator tersebut juga menambahkan, bahwa materi-materi yang dibahas dalam webinar Social Media Analytics memiliki keterkaitan erat terhadap beberapa mata kuliah lintas jurusan.


''Materi yang dibahas tentunya saling berkaitan dengan mata kuliah dari masing-masing Program Studi, di antaranya mata kuliah Technopreneurship & Digital Content, E-Bisnis, Teknik Temu Kembali Informasi, dan Technopreneurship,'' imbuh Supangat.


Di sisi lain, Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya Dr. Ulfi Pristiana, M.Si ketika dihubungi menyampaikan, Merdeka Belajar memiliki manfaat sangat positif bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut.


''Berdasar pengamatan pelaksanaan MBKM sampai saat ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari Program Studi, baik di dalam maupun di luar Perguruan Tinggi,'' terang Ulfi.


Tidak hanya itu, Ulfi juga memberi saran terkait program tersebut, menurutnya program Merdeka Belajar yang saat ini telah diterapkan di Untag Surabaya ke depannya dapat lebih dipeluas dan ditingkatkan kualitasnya.


''Mengingat bahwa banyak manfaat yang diterima oleh mahasiswa maupun Program Studi , maka saya menyarankan untuk diperluas dan ditingkatkan kualitasnya,'' tutup Ulfi.

 

 

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 4978
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5024