Mahasiswa Suka Serba Instan, Dosen Dituntut Pahami Teknologi Dengan Cepat

  • 16 April 2020
  • redaksi
  • 148

Ditengah pandemi corona atau covid-19, Teknologi informasi (IT) menjadi hal penting.  Program digitalisasi menjadi utama bagi seorang pengajar dan mahasiswa menyusul implementasi kuliah jarak jauh cara daring.

 

Direktur Sistem Informasi, Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT., mengatakan, bahwa mahasiswa suka yang instan, maka jika berbicara tentang ini kaitannya dengan percepatan.

 

‘’Dalam data kami hampir 89% mahasiswa menggunakan gadget, penggunaan laptop kecil persentasenya jadi semuanya mobile menggunakan gadget. Maka kami ajarkan konten Elitag yang sesuaikan dengan figurasi yang bagus dibuka di HP,’’ kata Dosen Supangat.

 

Agar memudahkan dan mempercepat dosen dalam pakternya diberikan konten kreatif ±100 template yang bisa tinggal digunakan. Tanpa perlu paham Corel, Photoshop terpenting bisa PowerPoint (ppt).

 

‘’Kami berikan platform konten yang paling mudah dan asumsi kami adalah ppt, kami contohkan bagaimana memaksimalkannya menjadi interaktif, menjadi video, dan yang lainnya,’’ jelas dosen teknik informatika itu.

 

Hanya tinggal mengganti konten atau nama yang sesuai dengan mata kuliahnya nanti bisa di olah dan dimasukkan ke Elitag masing-masing. ‘’Bagaimana membuat layout yang bagus salah satunya kita akan ajarkan bagaimana membuat banner perkuliahan,’’ ujarnya disela-sela kegiatan.

 

Diwaktu yang sama, Bagus Setiyo Bakti, S.Kom., M.Kom., salah satu pemateri konten kreatif menjelaskan bahwa pada seminar ini prakteknya langsung dicontohkan pada salah satu mata kuliah dosen masing-masing.

 

‘’Untuk prakteknya langsung di elitag masing-masing, setelah itu kita ajarakan explor ke mata kuliahnya sendiri. Kita berikan contoh, paling tidak tahu gambarannya, tataletaknya, karana paling gampang itu mencontoh dan kita merubahnya sedikit sehingga tidak lama. Kondisi saat ini butuh waktu yang cepat,’’ ujarnya.

 

Selain itu konten kreatif dalam jaringan (daring) plafrom elitag (e-learning Untag Surabaya) yang jelaskan pada hari Minggu (12/04) itu yaitu : diskripsi umum elitag, pengaturan kelas, struktur penyajian e-learning standard Dikti, pembuatan konten sesuai, dan log aktivitas mahasiswa.

 

REDAKSI

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme