Ajang Kreasi dan Prestasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

  • 18 November 2021
  • YRS
  • 349

Dalam rangka peringati Hari Pahlawan, Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional gelar Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) 2021. Acara berlangsung secara daring sejak 1 November 2021.

 

Ajang kreasi dan apresiasi tersebut diikuti oleh 548 peserta didik pada satuan pendidikan khusus jenjang SD, SMP, dan SMA. Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya pengembangan prestasi.

 

‘’Kami ingin berikan kesempatan yang lebih luas kepada PDBK untuk mengembangkan talenta dan mengukir prestasi dengan beberapa materi lomba yang disesuaikan tema kepahlawanan, memberikan motivasi kepada PDBK seperti sikap berani, jujur, dan pantang menyerah,’’ terang Asep, Rabu (17/11/21).

 

Di sisi lain, kegiatan ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan kemandirian dan kebugaran peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensinya, baik pada bidang vokasi, literasi, seni, dan budaya.

 

‘’Diharapkan menghasilkan talenta-talenta yang unggul, dan kedepannya prestasi ini terus ditingkatkan sampai pada prestasi tingkat internasional,’’ imbuh Asep.

 

Terdapat 6 ragam AKA-PDBK, pertama ajang kreasi fotografi yang diikuti oleh 73 peserta dengan jenis kekhususan. Kedua, ajang kreasi bercerita kisah kepahlawanan yang diikuti oleh 26 peserta, dan ajang kreasi cipta lagu dengan 40 peserta.

 

Berikutnya ajang kreasi melukis karikatur wajah yang diikuti oleh 91 peserta, ajang kreasi dekorasi kue dengan 60 peserta. Terakhir merupakan ajang kreasi fashion show yang diikuti oleh 258 peserta didik baik putra maupun putri.

 

Pengumuman dilakukan pada 18 November 2021 diawali kegiatan Bincang Prestasi bertema Menjadi Pahlawan Masa Kini untuk Indonesia Tangguh yang diisi oleh Bang Dzoel sebagai fotografer, Muhammad Ade sebagai musisi, serta Iqbal Noor Fasya Hafidz sebagai juara lomba Tata Boga.

 

Sumber: kemendikbud.go.id


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419