Atasi Rintangan Hidup dengan Iman dan Kesabaran

  • 11 Agustus 2023
  • 1759

Tidak ada seorangpun yang dapat menghindar dari masalah dan cobaan hidup. Sebagai umat Islam, kita memiliki petunjuk kuat dalam mengatasi segala kesulitan. Ajaran Islam memberikan tuntunan dan strategi bermakna untuk mengatasi berbagai persoalan kehidupan.

 

Pertama, dengan tawakal dan doa yang sungguh-sungguh, ketika dihadapkan pada masalah.  Sebagai umat muslim harus berusaha sebaik mungkin namun tetap berserah diri kepada Allah.

 

Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan padamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia menghendaki kebaikan bagimu, maka tidak ada yang dapat menolak kurnia-Nya, Dia memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Dan Dia adalah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S. Yunus : 107). Selain itu, berdoa adalah cara untuk menghadapkan diri kepada Allah dan meminta pertolongan-Nya dalam mengatasi masalah.

 

Kedua, sabar dan syukur untuk menjaga ketenangan batin, ketika dihadapkan pada masalah. Bersabarlah dan yakinlah bahwa setiap ujian datang dengan hikmah yang mungkin belum kita pahami. Allah berfirman dalam Al-Quran, “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (dalam menghadapi segala sesuatu) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S. Al-Baqarah : 153).

 

Ketiga, muhasabah diri membantu untuk introspeksi dan memperbaiki diri. Islam mengajarkan pentingnya melihat ke dalam diri sendiri dan memperbaiki perilaku. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi." (Q.S. Al-Munafiqun : 9). Dengan memeriksa diri sendiri, kita dapat mengidentifikasi penyebab masalah dan berusaha memperbaiki diri.

 

Keempat, berusaha dengan ikhlas dan mengerahkan usaha maksimal menjadi langkah penting. Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (Q.S. Ar-Ra'd : 11). Oleh karena itu, tindakan nyata dan usaha sungguh-sungguh sangat diperlukan. Namun, kita juga harus tetap mengandalkan Allah dalam segala hal.

 

Kelima, melalui amal sholeh dan sedekah, umat Islam dapat meraih solusi dan pertolongan dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan dengan penuh kasih sayang dan empati terhadap sesama. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi). Dengan beramal sholeh dan bersedekah, kita tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga mendapatkan pahala dan berkah dalam mengatasi masalah.

 

Kunci sukses adalah iman. Sebagai umat muslim, harus menjalani kehidupan dengan keyakinan, ketenangan, dan optimisme sehingga mengarahkan langkah-langkah menuju pemecahan masalah dan tumbuh menjadi pribadi yang berarti. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id