Atur Pola Makan Agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

  • 13 April 2023
  • 886

Waktu makan yang singkat selama bulan puasa memaksa orang untuk mengatur dan memantau asupan makanannya. Selain itu, perlu perhatian khusus pada makanan dan minuman di sahur dan berbuka.

 

Kepada Warta 17 Agustus, Ir. Richardus Widodo, MM, Kepala Program Studi (Kaprodi) Argoindustri Fakultas Vokasi Untag Surabaya, mengutarakan prinsip berpuasa adalah memilih makanan yang dimakan secara perlahan oleh tubuh sehingga glukosa tidak dilepaskan terlalu cepat.

 

“Pemilihan makanan perlu hati-hati terutama makanan yang rawan sakit maag karena berpuasa lebih cenderung menyebabkan asam lambung menumpuk. Alhasil, Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan tidak mudah lapar,” ungkapnya, (31/3).

 

Tentu saja, menemukan makanan yang tepat untuk perut selama Ramadan adalah hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks Ini karena berpuasa mengurangi jumlah energi yang digunakan tubuh untuk menjaga gula darah.

 

“Orang berbuka puasa bisa makan makanan yang menyediakan glukosa cepat selama berpuasa. Buah kurma menjadi salah satu pilihan, sebagaimana sunnah Nabi dalam berpuasa. Setelah hidangan pembuka, makanan kaya akan energi, cairan, dan vitamin, dapat dikonsumsi, seperti salad buah dan sup sayur. Pastikan saat berbuka puasa mengkonsumsi cairan dalam jumlah banyak untuk menggantikan kekurangan cairan waktu siang,” tambahnya.

 

Sayangnya, kerap terjadi masyarakat yang sering membeli makanan selama puasa dengan kadar yang berlebihan. Puasa yang seharusnya menjadi ajang menyehatkan diri, justru sebaliknya.

 

“Inilah alasan mengapa jika lapar, otak mengirim sinyal untuk makan. Dalam keadaan seperti itu, seringkali muncul keinginan untuk menyantap makanan yang dianggap enak. Jika keserakahan dibiarkan dan dituruti, maka bertambah ukuran berat akan terbentuk. Untuk itu diperlukan kemampuan mengganjal rasa lapar dan ngidam saat puasa sehingga kita bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh,” ujarnya

 

Kepada masyarakat, Kaprodi Agroindustri tersebut meminta agar masyarakat makanan secukupnya saat berpuasa jangan makan terlalu banyak karena serakah. Selain itu, asupan cairan yang cukup harus diambil untuk menghindari dehidrasi.

 

“Pastikan untuk perbanyak asupan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan harian akan serat, vitamin dan mineral,” tutupnya (Elisa)

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id