Drs. Prehantoro Soroti Makna Nilai-Nilai Pancasila & Semangat Pertiwi

  • 07 Juni 2024
  • 132

Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari menjadi kunci utama dalam membangun masyarakat yang harmonis dan berkeadilan.


Sejalan dengan materi yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA 17 Agustus 1945 (SMATAG) Surabaya, Drs. Prehantoro, S.H., M.Hum., M.M., dalam acara Sarasehan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya peringatan Bulan Bung Karno. 


Kegiatan ini dihadiri oleh siswa, guru, dan beberapa perwakilan komite sekolah SMATAG Surabaya, menekankan bahwa Pancasila menjadi panduan bagi setiap warga negara Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Drs. Prehantoro mengawali pemaparannya dengan menyoroti nilai Ketuhanan sebagai salah satu nilai utama dalam Pancasila, dan menekankan pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


“Sebagai bangsa yang beragam, kita harus menghargai dan menghormati keyakinan agama masing-masing individu. Nilai ketuhanan menuntun kita untuk hidup berdampingan secara harmonis, tanpa diskriminasi atau prasangka,” ujarnya (3/6/24)


Menurut Drs. Prehantoro, nilai kemanusiaan menekankan pentingnya sikap saling tolong-menolong dan menghormati hak asasi manusia.


“Kemanusiaan yang adil dan beradab harus kita wujudkan dalam tindakan sehari-hari, seperti membantu sesama yang membutuhkan, tanpa memandang latar belakangnya. Di tengah keberagaman suku, agama, dan budaya, kita harus menjunjung tinggi persatuan. Persatuan adalah fondasi kokoh yang membuat bangsa ini tetap berdiri tegak,” katanya


Musyawarah, sebagai salah satu nilai Pancasila, mengajarkan kita untuk menyelesaikan masalah melalui dialog dan konsensus.


“Musyawarah adalah kunci keputusan yang adil dan bijaksana. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menerapkan nilai ini dengan mendengarkan pendapat orang lain dan mencari solusi bersama. Keadilan sosial berarti memberi hak yang sama pada pendidikan, pekerjaan, dan kesejahteraan. Kita harus bekerja keras untuk mengurangi kesenjangan sosial,” ujarnya


Selain nilai-nilai Pancasila, Drs. Prehantoro juga menekankan pentingnya semangat pertiwi, yang mencakup patriotisme dan etika profesi.


“Cinta tanah air dan sikap profesional dalam menjalankan tugas adalah kunci keberhasilan bangsa. Kita harus menanamkan semangat patriotisme dan bekerja dengan integritas tinggi dalam profesi masing-masing,” jelasnya


Drs. Prehantoro juga menekankan pentingnya toleransi dan transparansi dalam kehidupan bermasyarakat.


“Toleransi merupakan sikap menerima perbedaan dan hidup berdampingan dengan damai. Sedangkan transparansi adalah keterbukaan dalam segala aspek kehidupan, terutama dalam pemerintahan dan organisasi,” jelasnya


Nilai integritas dan wawasan global. Integritas menandakan kejujuran dan konsistensi dalam tindakan, sementara wawasan global menunjukkan kemampuan memahami serta beradaptasi dengan perubahan dunia serta keterbukaan terhadap perkembangan global. Sikap inovatif juga menjadi kunci penting dalam mencapai kemajuan dan keberhasilan.


“Di era globalisasi, kita harus mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan. Inovasi adalah kunci kemajuan dan keberhasilan,” katanya


Dalam penutupnya, Drs. Prehantoro berharap nilai-nilai luhur Pancasila dan semangat pertiwi dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konteks berbangsa dan bernegara.


“Mari kita wujudkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata, demi Indonesia yang lebih baik dan maju,” tutupnya (Nabila)



https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id