Langkah Mengatasi Label Sensitif atau Drama Queen

  • 12 Januari 2024
  • 401

Sering kali menangis karena hal-hal kecil dan merasa bingung mengenai penyebabnya? mungkin pernah disebut sensitif atau drama queen oleh orang lain. Emosi kadang-kadang muncul tanpa pemicu yang jelas, tetapi selalu ada alasan di baliknya, baik itu logis atau tidak.

 

Meskipun menangis adalah cara alami untuk mengekspresikan dan memproses emosi, air mata yang tidak terkendali, terutama karena hal-hal sepele, dapat menjadi sulit dan melelahkan. Bahkan, hal ini dapat menghambat komunikasi dan penyelesaian masalah. Jika Anda ingin mengatasi tangisan berlebihan, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil.

 

Langkah pertama adalah mengenali pemicu dari tangisan berlebihan. Tindakan ini membantu untuk memahami dan mengakui emosi, sekaligus melindungi diri dari rasa sakit hati.

 

Selanjutnya, latihan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan sistem saraf saat air mata mulai mengalir. Meditasi kesadaran juga dapat memberikan kedamaian mental terhadap emosi yang meluap-luap.

 

Ciptakan afirmasi positif untuk melawan pikiran negative, dan ulangi ketika merasa kewalahan. Tetapkan batasan yang sehat dalam kehidupan pribadi dan professional untuk mengurangi stres dan mencegah emosi berlebihan.

 

Buatlah jurnal untuk mengekspresikan pikiran dan emosi, yang dapat menjadi terapeutik. Pastikan juga untuk menjaga gaya hidup sehat dengan cukup tidur, pola makan seimbang, dan tetap terhidrasi.

 

Aktivitas fisik teratur, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga, dapat melepaskan endorfin alami dan meningkatkan suasana hati.

 

Terakhir, jika merasa kesulitan mengelola emosi, carilah dukungan dari teman, keluarga, atau terapis. Berbicara tentang perasaan dengan seseorang yang dipercayai dapat memberikan kenyamanan dan wawasan tentang respons emosional. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pembaca dapat mengelola emosi dengan lebih baik dan menghentikan tangisan atas hal-hal kecil. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id