Pemerintah AS Danai Beasiswa Fulbright bagi Mahasiswa Indonesia

  • 20 September 2021
  • YRS
  • 326

Pemerintah Amerika Serikat kembali membuka beasiswa Fulbright 2022 yang tersedia bagi warga negara Indonesia. Beasiswa bergengsi ini ditawarkan dalam 2 kategori, di antaranya Fulbright Master’s Degree Program dan Fulbright PhD Degree Program.

 

Beasiswa tersebut didanai penuh Pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Fulbright Master’s Degree diperuntukkan bagi jenjang S2, sedangkan Fulbright PhD merupakan beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah program doktoral. 

 

Tanggungan beasiswa Fulbright di antaranya mencakup dukungan visa J-1, tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Amerika Serikat, biaya kuliah penuh, biaya hidup di Amerika Serikat, biaya asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan biaya lain-lain yang terkait selama proses kuliah berlangsung.

 

Terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa ini, yaitu merupakan warga negara Indonesia, memiliki kualitas kepemimpinan, memiliki pengalaman dalam pelayanan masyarakat, berkomitmen pada bidang studi yang dipilih, mahir berbahasa Inggris, dan berprestasi dalam bidang akademik.

 

Selain itu pelamar harus mendaftar pada bidang keahlian yang telah ditawarkan, dapat menunjukkan secara realistis untuk menyelesaikan studi penuh waktu, dapat menunjukkan komitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright dan bersedia bekerja kurang lebih lima tahun sebelum pensiun. 

 

Ada juga persyaratan khusus yang harus dipenuhi, di antaranya nilai Indeks Prestasi kumulatif (IPK) pada jenjang sebelumnya, baik S1 atau S2 minimal 3.0 dalam skala 4.0, memiliki skor TOEFL ITP minimum 550 atau IELTS yang setara. Sedangkan khusus untuk program Doktoral memiliki niat kembali ke posisi akademis setelah gelar S3 berhasil dicapai.

 

Pendaftaran serta pengajuan beasiswa Fulbright ini paling lambat hingga 15 Februari 2022. Selanjutnya peserta akan mengikuti seleksi wawancara. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui email infofulbright_ind@aminef.or.id  atau mengunjungi laman website www.aminef.or.id

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419