Pentingnya Menanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan

  • 14 Juni 2021
  • YRS
  • 447

Dr. Andik Matulessy, M.Si, Psikolog berkesempatan mengikuti Kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai Kebangsaan serta Pelatihan yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Kegiatan ini berlangsung secara virtual dan tatap muka di Jakarta Pusat, Senin (07/06/21).

 

Sebagai peserta yang dinyatakan lolos dalam Program Pelatihan untuk Pelatih atau Training of Trainer (ToT) tersebut, Andik menyebutkan bahwa ke depannya peserta memiliki kesempatan menjadi trainer terkait nilai kebangsaan.

 

Dari ToT ini akan jadi trainer ke sekolah maupun kampus agar bisa menyebarluaskan nilai kebangsaan, mulai pendidikan dasar, menengah hingga Pendidikan tinggi. “Tahun ini ada 4 angkatan, masing-masing 100 peserta. Saat pembukaan kemarin, setiap angkatan diwakili 5 orang, saya termasuk perwakilan angkatan pertama,’’ ujar Andik

 

Lebih lanjut Dosen Psikologi Untag Surabaya tersebut menyampaikan, generasi milenial yang lebih dikenal sebagai generasi dengan segala perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang ada, diharapkan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

 

‘’Motivasi saya adalah bagaimana dalam konteks sekarang mengajarkan nilai kebangsaan agar diterima generasi milenial, ini kan agak susah ya. Harapannya walau mereka mengikuti modernisasi, tapi tidak lepas dari nilai kebangsaan,’’ imbuh Kepala Pusat Layanan Psikologi Untag Surabaya tersebut.

 

Untuk ke depannya, pemahaman terkait nilai-nilai kebangsaan dalam Training of Trainer yang akan diterapkan oleh Andik akan diawali dari sisi internal terlebih dahulu, dalam hal ini adalah kampus Untag Surabaya. Ia menyebutkan ada beberapa hal mendasar yang harus ditanamkan.

 

‘’Konteks kecil seperti kedisiplinan dan kebersihan juga menjaga bangsa dan negara. Penanaman nilai kebangsaan seperti ini bisa dimulai sejak kecil. Di Jerman, anak kecil mencari zebra cross terlebih dahulu, baru kemudian menyebrang,’’ ungkap Andik.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis