Tapera: Mengupas Manfaat bagi Pekerja dan Tantangan yang Dihadapi

  • 06 Juni 2024
  • 42

Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperluas akses kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan perumahan yang masih banyak dihadapi oleh masyarakat.


Indonesia saat ini menghadapi tantangan besar dalam penyediaan perumahan yang layak dan terjangkau. Data menunjukkan bahwa masih banyak keluarga yang belum memiliki rumah sendiri atau tinggal di hunian yang tidak layak. Melalui Program Tapera, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan solusi tabungan perumahan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat dengan mudah dan terjangkau.


Tapera bekerja dengan mengumpulkan iuran dari pekerja dan pemberi kerja yang kemudian dikelola oleh Badan Pengelola Tapera (BP Tapera). Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memberikan pembiayaan perumahan dengan bunga rendah kepada peserta program. Dengan skema ini, peserta diharapkan dapat mencicil rumah impian mereka dengan lebih ringan.


"Menurut saya dengan terbitnya produk hukum PP No 21/2024 penting untuk laksanakan sosialisasi kebijakan Tapera agar masyarakat memahami tujuan, manfaat, dan mekanisme program ini untuk menciptakan kepercayaan pada masyarakat." ujar Dosen Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Dr. SRI SETYADJI, S.H., M.Mum. dalam wawancara pribadi


Program ini menyasar seluruh pekerja di Indonesia, baik pekerja formal maupun informal. Pemerintah berharap partisipasi luas dari seluruh elemen masyarakat dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kepemilikan rumah yang layak.


Peluncuran Program Tapera adalah langkah nyata pemerintah dalam upaya menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Dengan mekanisme yang transparan dan berbagai manfaat yang ditawarkan, diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat Indonesia. (Fa)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id