Tim PKM Untag Surabaya Upayakan Peningkatkan Kualitas dan Branding Produk

  • 02 November 2021
  • YRS
  • 428

Maksimalisasi proses produksi dan branding produk dilakukan dosen Administrasi Niaga Untag Surabaya melalui Program Kemitraan Masyarakat Hibah Perguruan Tinggi, yang berlangsung mulai Mei hingga Oktober 2021.

 

Kegiatan yang diketuai Dra. Awin Mulyati, M.M. dengan anggota Drs. Agung Pujianto, M.M. tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi dan branding terhadap usaha makanan yang terdapat di Desa Pojok Bulusari, Kediri.

 

‘’Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penetrasi pasar pada usaha industri rumahan lesehan Janur Kuning Sambal Nanas Ning Tari di Desa Pojok Bulusari, Kelurahan Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri,’’ ungkap Awin, Selasa (2/11/21).

 

Lebih lanjut Awin menjelaskan, timnya telah melakukan identifikasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra lesehan Janur Kuning Sambal Ning Tari melalui survey awal, wawancara dengan mitra, dan observasi kegiatan untuk mengetahui permasalahan mendesak.

 

‘’Permasalahan utama yang dihadapi mitra yaitu belum dapat melakukan produksi secara optimal, karena alat untuk memaksimalkan proses produksi dan mengawetkan produk jadi belum tersedia,’’ ujar Awin.

 

Menurut Awin, pemilik kesulitan mensejajarkan produk dengan produk yang hampir sejenis di pasaran. Hal tersebut karena belum ada branding seperti logo dan merek produk. Tidak hanya itu, label yang seharusnya dapat memberikan informasi lengkap tentang produk juga belum ada.

 

‘’Terkait permasalah tersebut, pengadaan Teknologi Tepat Guna dan pendampingan pembuatan logo dan label produk telah dilakukan. Hasilnya, desain produk yang semula kurang dari segi penataan nama produk, dibenahi menjadi lebih menarik sehingga terlihat sebagai produksi home-made yang profesional,’’ tutup Awin.

 

Mahasiswa yang terlibat dalam Program ini di antaranya Anggun Dwi Kurniawati, dan Dini Handayani Sagita dari Prodi Administrasi Niaga Untag Surabaya

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419