Tutorial Menggunakan Fitur Terbaru Twitter

  • 03 November 2021
  • 406

Fitur terbaru Twitter yang disebut Spaces telah dikembangkan dan terintegrasi ke dalam aplikasi Twitter. Fitur ini dapat digunakan untuk semua pengguna Android.

 

Spaces merupakan fitur obrolan suara yang dapat disiarkan secara streaming dengan pengguna Twitter lainnya. Fitur ini mirip dengan fitur yang dimiliki oleh Apple yaitu Clubhouse. Audiens dapat berinteraksi sebagai pendengar atau masuk dalam percakapan.

 

Berbeda dengan Clubhouse, Twitter Spaces pada dasarnya digunakan dalam panggilan konferensi interaktif yang menghubungkan pendengar dengan teman, pembuat konten favorit, dan public figure.

 

Sebelumnya saat pertama kali rilis, hanya sejumlah pengguna undangan saja yang dapat membuat space baru di smartphone mereka. Seiring berjalannya waktu, kini Twitter Spaces tersedia untuk semua orang.

 

Dilansir dari Tech Crunch, Twitter Spaces kini terbuka bagi siapa saja yang ingin menyelenggarakan Space di iOS dan Android.

 

Twitter sebelumnya memberikan akses yang terbatas dalam penggunaan Spaces, salah satunya adalah dengan membatasi perusahaan untuk menghosting Spaces ke akun dengan setidaknya memiliki 600 pengikut.

 

Alasan dibalik pembatasan akses ini karena Twitter menemukan bahwa akun yang memiliki jumlah followers lebih atau sama dengan 600 pengikut akan cenderung memiliki pengalaman yang lebih baik, dikarenakan mereka memiliki audiens yang sudah ada.

 

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut adalah cara menggunakan Twitter Space untuk Android:

  1. Buka aplikasi Twitter
  2. Anda akan melihat Spaces aktif yang disorot dengan warna ungu di strip di atas timeline Anda, tepat di samping Fleets. Ketuk Space untuk melihat pratinjau peserta.
  3. Ketuk Gabung Space untuk memasuki ruang dan mulai mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung.
  4. Pembicara akan ditampilkan di bagian atas daftar. Anda dapat meminta untuk menjadi pembicara dengan mengetuk tombol Request di sudut kiri bawah layar.
  5. Setelah diterima sebagai pembicara, tombol Request akan beralih ke tombol bisu untuk mikrofon. Sebagai pembicara, Anda dapat mengetuk tombol mute/unmute kapan saja untuk mulai berbicara.
  6. Baik sebagai pembicara atau pendengar, Anda dapat bereaksi terhadap pembicara lain dengan mengetuk tombol reaksi (hati dengan simbol plus) di dekat sudut kanan bawah.
  7. Anda dapat menge-tweet atau DM ruang Twitter ke pengikut Anda dengan mengetuk tombol bagikan di sudut kanan bawah.

https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id