Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

  • 14 Februari 2020
  • YRS
  • 9

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan. Air ih bebas kalori dan gula merupakan pilihan sehat dan tepat demi menjaga tubuh supaya tetap memiliki kandungan air yang cukup.

 

Berikut penjelasan singkat terkait manfaat minum air putih.

 

Hasil penelitian yang dimuat dalam sebuah jurnal kesehatan di Amerika Serikat, Frontiers in Human Neuroscience memaparkan bahwa, terdapat beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh jika seseorang secara rutin meminum 8 gelas air putih per hari selama 1 bulan / 30 hari.

 

Konsumsi air putih yang cukup, mampu meningkatkan kinerja otak, karena otak membutuhkan banyak oksigen agar mampu bekerja secara optimal. Sebagian besar oksigen diperlukan otak terkandung dalam air mineral. Selama ini banyak ahli menyarankan seseorang meminum air putih setidaknya delapan gelas perhari guna meningkatkan 30 persen kemampuan otak.

 

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Masyarakat di Ceko meyakini air putih merupakan obat alami yang bisa gunakan untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Karena air mineral berfungsi menetralisir racun dalam tubuh. Mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi pegal-pegal, mengurangi zat racun dan zat garam dari dalam tubuh.

 

Selain itu air putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal. Penelitian yang dilakukan tehadap sekelompok orang dengan meminum air putih yang cukup selama 30 hari terbukti memiliki organ ginjal, jantung, dan hati lebih sehat dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak minum air putih dengan takaran yang dianjurkan.

 

Air putih juga sangat dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit serta mencegah timbulnya keriput. Penelitian yang dilakukan kepada seorang wanita berusia 40 tahun membuktikan bahwa khasiat air putih sangat tinggi. Wanita tersebut telah membuktikan dengan rutin meminum 8 gelas air putih perhari selama 1 bulan tampak lebih muda dibandingkan dengan teman seusianya.

 

Andrea Giancoli, seorang peneliti dari The Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat memaparkan bahwa meminum air putih yang cukup selama 30 hari mampu melunturkan racun dan lemak di tubuh seseorang. Andrea menyarankan kepada para pelaku diet untuk melakukan terapi tersebut untuk menurunkan berat badan seseorang.

 

Sumber :

https://www.solopos.com/hasil-penelitian-manfaat-minum-air-putih-8-gelas-sehari-selama-30-hari-783974

Y. RAKA S.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme